Bohong Soal Ukuran Layar iPhone X, Apple Dituntut

Telset.id, Jakarta – Apple tak henti mendapat gugatan. Kali ini, Apple dituntut karena dianggap berbohong tentang spesifikasi layar iPhone X. Dokumen tuntutan masuk ke pengadilan pada Jumat pekan lalu.

Dua penuntut memasukkan dokumen itu ke Pengadilan Distrik California Utara. Mereka menuduh Apple telah membuat iklan menipu tentang ukuran layar dan jumlah piksel di layar iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu tidak segera menjawab ketika diminta untuk berkomentar. Namun, tuntuan tersebut menuduh Apple telah berbohong tentang ukuran layar dengan menghitung bagian layar yang tidak bisa digunakan, seperti poni dan sudut layar.

{Baca juga: Curi Logo Shift, Apple Dituntut Rp 2,7 Miliar}

Jadi, menurut dokumen tuntutan sebanyak 55 halaman, iklan iPhone yang menyebutkan bahwa perangkat tersebut memiliki layar penuh adalah salah. Harusnya, ukuran layar iPhone X adalah 5,8 inci.

“Layar iPhone seri X hanya sekitar 5,6875 inci,” bunyi pernyataan dalam dokumen tuntutan, seperti dilansir CNET. Tuntutan itu juga menuduh bahwa seri iPhone X memiliki resolusi layar yang lebih rendah dari iklan.

iPhone X seharusnya memiliki resolusi 2436 x 1125. Namun, ponsel tersebut tidak memiliki piksel dengan subpiksel merah, hijau, dan biru. iPhone X disebut hanya memiliki dua subpiksel per pilsel, lebih rendah dari yang Apple sebutkan.

{Baca juga: Apple Akui Layar iPhone X “Cacat” Seperti Pixel 2 XL}

Tuntutan itu juga mengklaim bahwa layar iPhone 8 lebih baik dari iPhone X. Tuntutan tersebut pun melengkapi gugatan puluhan konsumen yang menutut soal  software yang membuat iPhone lama menjadi lebih lambat. [BA/HBS]

Sumber: CNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here