Bocoran Spesifikasi Lengkap Huawei Mate 20 Pro

Telset.id, Jakarta – Minggu depan Huawei dijadwalkan merilis jajaran smartphone flagship-nya, yakni Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro, bahkan mungkin juga ponsel gaming Huawei Mate 20X di London, Inggris.

Seperti yang sudah-sudah, raksasa teknologi China ini akan memberi kejutan spesifikasi untuk para penggemarnya dalam acara yang disiarkan secara langsung tersebut.

Nampaknya keinginan Huawei untuk menyimpan rapat-rapat spesifikasi ponsel unggulannya ini hingga peluncurannya bakal pupus karena tersebar bocoran besar-besaran dari Jerman.

Dalam bocoran tersebut terungkap tampilan resmi dan spesifikasi Huawei Mate 20 Pro secara lengkap, bahkan berikut harga jualnya di Inggris.

Baca juga: Huawei: Kirin 980 Lebih Baik Dibanding Snapdragon 845

Soal kapasitas penyimpanan, Smartphone ini ditawarkan dalam tiga pilihan, yakni versi RAM 6 GB dan memori 128 GB, versi RAM 8GB dan memori 256 GB dan versi memori 512 GB   yang dibanderol mulai dari 899 Pound atau mencapai Rp 18 jutaan.

Banderol ini lebih mahal sekitar Rp 2 juta dari Huawei P20 Pro dan Rp 2,6 juta lebih mahal ketimbang versi pendahulunya, yakni Huawei Mate 10 Pro.

Sesuai harganya, smartphone ini dilengkapi dapur pacu “kencang” yakni chipset Kirin 980, dilengkapi layar sentuh berukuran 6,39 inci yang dilengkapi sensor sidik jari terintegrasi dibagian bawahnya. Ukuran ini nyaris menyamai Samsung Galaxy Note 9 yang berukuran 6,4 inci.

Ketajaman layar juga menjadi faktor penentu harga, dengan memiliki resolusi 1440×3120, smartphone kelas atas Huawei ini kualitas layar setara LG G7 ThinQ dan V40 ThinQ.

Ponsel ini memiliki poni atau notch yang menjadi tempat berlabuh kamera depan atau selfie dengan resolusi 24 MP dan laser IR sebagai sensor wajah untuk membuka layar. Ini merupakan salah satu fitur keamanan unggulan yang belum dimiliki Android lain.

Urusan kamera belakang, nampaknya Huawei ingin menciptakan kualiatas ketajaman jepretan setara kamera mirrorless dan SLR dengan menyematkan tiga kamera yang memiliki resolusi 40 MP+20MP+8MP.

Sensor kamera utama 40 MP memiliki aperture f / 1.8 dan menggabungkan empat piksel menjadi satu untuk menghasilkan kualitas jepretan yang lebih baik. Kamera kedua dengan sensor 20 MP memiliki aperture f / 2.4 untuk menghasilkan foto jarak jauh yang tetap tajam, Sedangkan kamera ketiga dengan sensor 8 MP untuk menghasilkan foto ultra wide-angle alias panorama yang melebar.

Hasilnya luar biasa untuk ukuran kamera smartphone karena akan bisa melakukan zoom optik 5x, serta bidikan makro ultra dari jarak hanya 2,5 cm. Ini disokong duet NPU yang bertugas menganalisis konten gambar dan mengoptimalkan pengaturannya, termasuk jika melakukan jepretan dengan kondisi cahaya redup misalnya pada malam hari.

Tak seperti gawai lain, Huawei Mate 20 Pro menggunakan memory card nano buatan mereka sendiri yang tidak memiliki dukungan kartu microSD. Sebagai gantinya mereka menyediakan kartu nano dengan kapasitas hingga 256GB yang berukuran lebih kecil dari kartu microSD.

Huawei juga membekasi smartphone unggulannya dengan kapasitas baterai besar, yakni mencapai 4.200 mAh yang diisi ulang oleh pengisi daya 40W. Seperti ponsel kelas atas lain yang mengisi daya sangat cepat, Mate 20 Pro dapat diisi daya dari kosong hingga 70 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Pengisian daya juga bisa dilakukan tanpa kabel dan juga dapat berfungsi menjadi charger nirkabel untuk Huawei Freebuds 2 yang akan diluncurkan pada acara tersebut.

Baca Juga : Huawei ‘Konfirmasi’ Mate 20 Punya Tiga Kamera Belakang

Smartphone ini juga cukup tahan air dan debu karena mengantongi sertifikat IP68, sehingga aman dipakai untuk kegiatan outdoor. Tak hanya itu, ada juga fitur dual-band Wi-Fi, Bluetooth 5.0, NFC, dan LTE super cepat untuk ponsel yang menjalankan OS Android 9 Pie dengan EMUI 9.0 itu.

Huawei Mate 20 Pro dilaporkan akan memiliki berat 189g dan tebal 8.6mm dan ditawarkan dengan empat warna, yakni twilight, hitam, biru, dan hijau. [WS/HBS]

Sumber: GSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here