Gizmo

Mau Diluncurkan, Ini Bocoran Spesifikasi HP Lipat dari Oppo

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – Oppo makin gencar menggarap smartphone lipat canggih yang bakal mereka luncurkan nanti. Perusahaan asal China itu mungkin tertarik dengan popularitas smartphone lipat naik berkat Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3.

Kehadiran HP lipat Oppo terasa semakin dekat, karena baru-baru ini Digital Chat Station memberikan informasi tentang kemunculan HP layar fleksibel besutan Oppo.

Leakster terkenal di Weibo itu mengungkap spesifikasi dasar dari HP lipat Oppo yang belum diketahui nama resminya. Dari keterangannya, smartphone ini akan tampil dengan desain yang sedikit mirip Huawei Mate X2.

Layarnya berjenis OLED fleksibel dengan ukuran 7,8 hingga 8 inci. Panel layarnya dibuat oleh BOE dan mampu menampilkan konten hingga resolusi maksimal Full HD+.

Seperti Samsung Galaxy Z Fold3, layarnya juga sudah mendukung refresh rate sampai 120Hz. Tapi, belum diketahui apakah layar itu dibekali dengan kemampuan refresh rate adaptif atau tidak.

Baca juga: Huawei Mate X2 Dirilis Resmi

Di bagian kamera, smartphone lipat Oppo akan mengusung kamera depan 32MP. Belum dapat dipastikan apakah kameranya tersembunyi di bawah layar atau ditempatkan pada area lubang kamera yang disisipkan pada layar.

Sementara kamera belakangnya, terdapat kamera 50MP dengan sensor Sony IMX766 yang baru. Smartphone ini juga punya sensor sidik jari di samping atau terintegrasi dengan tombol power dan sudah berjalan di sistem operasi ColorOS 12 berbasis Android 11.

Oppo Berkali-kali Pamer Desain HP Lipat

Oppo sebenarnya sudah berkali-kali memamerkan desain prototipe dari ponsel layar lipatnya. Mundur ke akhir 2020 lalu, perusahaan asal China itu sempat mematenkan desain smartphone lipat dengan desain baru nan unik.

Kala itu, perusahaan asal China tersebut memperkenalkan paten smartphone dengan layar yang bisa dilipat ke luar. Berbeda dengan Huawei Mate X, bentuknya mirip seperti Samsung Galaxy Z Flip3 sekarang tapi dengan lipatan keluar.

Layarnya terlihat lebih lebar saat dibuka, namun saat posisi terlipat ponsel ini justru terlihat sangat kompak.

Sensor kamera terletak di ujung ponsel, sehingga kamera ini dapat berubah fungsi menjadi kamera belakang saat ponsel dibuka dan jadi kamera untuk selfie saat dalam posisi terlipat.

Baca juga: Oppo Pamer Smartphone Futuristik

Beberapa bulan berselang, tepatnya pada Desember tahun lalu, Oppo kembali memamerkan desain HP lipat yang futuristik. Ponsel pintar yang masih berupa konsep ini memiliki kemampuan untuk dapat dilipat hingga tiga bagian.

Kemudian di tahun ini, Oppo dirumorkan tengah mempersiapkan smartphone lipat model clamshell dengan layar cukup besar. HP lipat besutan Oppo ini akan mengusung layar berjenis LTPO berukuran 7 inci saat dibuka.

Layar LTPO ini masih sejenis dengan panel OLED, tapi sedikit lebih hemat daya. Layar tersebut pun diharapkan menawarkan refresh rate yang tinggi. Terdapat juga layar sekunder berukuran 2 inci di bagian luarnya untuk menunjukkan notifikasi maupun memaksimalkan fitur kamera selfie-nya.

Well, kita tunggu saja kelanjutan ponsel canggih Oppo yang mungkin saja akan diluncurkan di tahun depan. Stay tune! (MF)

Leave a Comment