Begini Wujud Smartwatch ‘Gagal’ Microsoft

Telset.id, Jakarta – Microsoft pernah menguji smartwatch alias jam tangan pintar buatannya pada 2013. Sayang, prototipe yang dirancang oleh tim dari perusahaan pembuat aksesoris Xbox dan sensor Kinect tersebut gagal dirilis.

Setelah lima tahun berlalu, wujud “smartwatch gagal” buatan Microsoft itu terbongkar ke publik. Smartwatch Microsoft diketahui mempunyai ukuran layar 1,5 inci dan berkaret pergelangan tangan cukup modern.

Berdasarkan gambar yang dibocorkan oleh pengguna Twitter Hikari Calyx, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (23/1/2018), tampak bahwa jam tangan pintar itu berbentuk persegi. Tombol pendukungnya minim terdapat di casing.

Akan tetapi, Smartwatch Microsoft dirancang bisa mendeteksi detak jantung manusia, dan juga mampu melacak lokasi lewat teknologi GPS.

Sebelumnya, pada 2004, Microsoft sempat berencana meluncurkan jam tangan pintar dengan merek SPOT. Pada periode tersebut, SPOT dan Nokia bahu-membahu untuk merebut pengaruh pasar.

Namun, smartwatch Moonraker garapan Nokia akhirnya batal dibangun. Mau tak mau, Microsoft melanjutkan proyek itu sendiri. Seiring waktu berjalan, Microsoft juga menyerah memproduksi peranti yang bisa menjalankan Windows 10 tersebut.

Pasca kegagalan tersebut, Microsoft berfokus kepada perangkat keras. Produk mereka meliputi konsol Xbox dan termostat GLAS Cortana. [SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here