5 Trik Simple Maksimalkan Jepretan Kamera Ponsel

Telset.id, JakartaKamera ponsel sudah menjadi perangkat yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Setiap orang sudah bisa dipastikan mengantongi satu unit ponsel setiap hari bahkan setiap saat–dan bisa kapan saja menggunakan kamera ponsel kapanpun dibutuhkan.

Tapi, sudahkah Anda memaksimalkan penggunaan kamera ponsel Anda? Tahukah Anda, dengan ponsel Anda juga bisa menghasilkan jepretan dengan kualitas fotografi yang tidak kalah dengan hasil kamera professional? Simak tipsnya berikut ini:

1. Kuasai “Auto Mode”

Mengetahui cara kerja “Auto Mode” di ponsel Anda bisa membantu Anda menghasilkan foto yang baik. Coba pelajari soal kapan bisa menggunakan ISO tinggi,  kapan harus menggunakan long shutter speed, dan menyesuaikan bagaimana Anda.

Dengan demikian Anda bisa cepat mengetahui kapan sebaiknya menggunakan auto mode dan kapan menggunakan manual mode.

2. Coba Pengaturan Manual

Mengatur kamera ponsel ke mode otomatis memang praktis, tapi terkadang hasilnya tidak selalu maksimal. Terutama ketika harus memotret di dalam ruangan yang redup, atau di luar ruangan dengan kondisi cuaca yang mendung.

Cobalah tetapkan pengaturan kamera ponsel Anda ke manual, kemudian sesuaikan “white balance”-nya. Beberapa kamera ponsel pun sudah dilengkapi dengan penyesuaian suhu warna. Mode manual memungkinkan Anda mengatur tingkat ISO dan kecepatan shutter, sehingga Anda bisa mengatur seberapa kuat efek blur sekaligus grain mendominasi hasil foto Anda.

Shutter speed yang lebih lama akan cenderung membutuhkan pegangan yang stabil. ISO di atas 800 pada smartphone juga akan menghasilkan grain, tapi hasil jepretan akan lebih terang.

Bermain-mainlah lebih lama dengan pengaturan kamera di ponsel Anda, coba masing-masing fitur yang disediakan di dalamnya, karena hasilnya pasti akan sepadan. Biasanya, semakin mahal harga ponsel, maka fasilitas pada pengaturan manual pun akan semakin komplit—karena dengan cara inilah Anda bisa menghasilkan foto terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here