Awas! Cuaca Panas Bisa Bikin Baterai Ponsel Rusak

Telset.id, Jakarta – Kita semua tahu bahwa duduk di bawah sinar matahari terlalu lama tidak baik bagi tubuh manusia. Hal yang sama juga dapat terjadi pada ponsel anda, cuaca yang terik memiliki efek buruk pada kinerja baterai ponsel.

Baterai iPhone, misalnya, dirancang untuk mampu beroperasi pada suhu antara 0º dan 35º C. Cuaca yang panas dapat memperlambat kinerja ponsel anda dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai.

Jika anda meninggalkan gadget anda di dalam mobil yang panas atau di tempat dengan suhu 45º C, gadget anda bisa berada dalam masalah besar.

“Menggunakan perangkat iOS dalam kondisi yang sangat panas dapat memperpendek umur baterai secara permanen,” tulis Apple.

Baca juga: Apple Ganti Rugi Biaya Service Baterai iPhone

Ketika ponsel anda melebihi ‘batas operasi normal’, secara otomatis akan mengambil langkah-langkah untuk melindungi komponen dengan menyalakan kipas atau menggunakan beberapa cara lain untuk mendinginkan dirinya sendiri.

Proses itulah yang akan memperlambat kinerja seluruh ponsel, itulah sebabnya gadget anda sangat lamban ketika panas. Panas yang ekstrem juga dapat mempersingkat masa pakai baterai untuk selamanya dengan mengurangi tingkat pengisian daya, yang berarti anda harus sering mengisi daya.

Jika anda khawatir dengan panasnya, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari meninggalkan gadget anda di bawah sinar matahari langsung atau di ruangan lain yang memiliki suhu panas.

Saat kondisi panas, anda harus menghindari penggunaan aplikasi berat yang membuat prosesor ponsel anda panas. Ketika iPhone mencoba mengatur suhunya saat terpapar panas, pengisian daya, termasuk pengisian daya nirkabel, melambat atau berhenti.

Baca juga: Apple Jual iPhone 7 Rekondisi, Berapa harganya?

Selain itu, layar akan menjadi redup atau berubah menjadi hitam. Sinyal ponsel anda akan melemah, dam lampu flash kamera akan dinonaktifkan untuk sementara.

Sumber: Metro.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here