Apple Perkenalkan Mac Studio, PC Super Ngebut dengan M1 Ultra

Telset.id, Jakarta – Tak hanya iPad Air 2022 dan iPhone SE 5G saja, Apple juga meluncurkan Mac Studio. Ini merupakan perangkat desktop yang berada di antara jajaran Mac Mini dan Mac Pro.

Ditujukan untuk pengguna profesional, Mac Studio menjanjikan kinerja tingkat tinggi tetapi dalam bentuk desktop tanpa monitor. Perangkat ini memiliki lebar hanya 3,7 inci dan tinggi 7,7 inci.

Membuatnya menarik lagi adalah, Apple membenamkan chipset baru yang disebut Apple M1 Ultra. Chipset ini diklaim menawarkan kinerja CPU yang 60% lebih kencang dibanding Mac Pro yang menggunakan prosesor Intel Xeon 28 Core.

Spesifikasi Apple Mac Studio

Apple memanfaatkan ketinggian dari perangkat ini untuk menyematkan kipas dua sisi untuk pendinginan. Blower ini mendorong udara keluar melalui lebih dari 4.000 lubang di bagian belakang.

Apple mengklaim sistem pendingin akan tetap membuat Mac Studio tetap tenang di bawah beban kerja yang berat.

Baca Juga: iPad Air 2022 Rilis dengan Chipset M1

Di bagian depan terdapat slot SDXC, bersama dengan sepasang port USB-C untuk versi M1 Max, Thunderbolt 4 untuk M1 Ultra. Di bagian belakang terdapat empat port Thunderbolt 4, bersama dengan Ethernet, dua USB-Type A, HDMI, dan jack headphone.

Pada konfigurasi tertingginya, versi M1 Ultra akan menyediakan CPU 20-core dan GPU 64-core, dan Neural Engine 32-core. Terdapat teknologi Media Engine untuk encoding dan decoding video, yang akan membuat Mac Studio menarik bagi para profesional kreatif.

Kapasitas RAM-nya tersedia hingga 128 GB. Sementara untuk penyimpannya menggunakan SSD hingga 8 TB.

Baca Juga: Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone

Dalam klaim benchmark Apple, Mac Studio dengan spesifikasi prosesor M1 Max memiliki kinerja CPU hingga 50% lebih banyak daripada Mac Pro dengan prosesor Xeon 16-core, serta kinerja grafis lebih dari 3 kali lebih cepat daripada Mac Pro dengan kartu grafis paling populer.

Versi M1 Ultra meningkatkan kinerja CPU hingga 90% lebih cepat daripada prosesor Xeon Mac Pro 16-core yang sama dan kinerja grafis hingga 80% lebih cepat daripada kartu grafis Mac tercepat yang tersedia.

Baca Juga: Apple Rilis Fitur Tap to Pay

Dukungan video berjalan hingga maksimal empat Pro Display XDR plus TV 4K, dengan total mendekati 90 juta piksel yang digerakkan oleh perangkat.

Perangkat komputasi baru Apple Max Studio dijual dengan harga mulai dari USD 1,999 atau setara Rp 28,7 jutaan dengan M1 Max dan USD 3,999 atau sekitar Rp 57 jutaan dengan M1 Ultra. (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0