Gizmo

Apple akan Bekali iPhone Lipat dengan Teknologi E Ink?

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Teka-teki mengenai pengembangan perangkat layar lipat oleh Apple semakin jelas. Rumor terbaru menyebutkan bahwa perusahaan asal Cupertino itu akan memasang teknologi E Ink untuk perangkat iPhone dan iPad yang bisa dilipat.

Informasi ini diperoleh oleh analis Apple terkemuka, Ming-Chi Kuo. Berdasarkan informasi yang ia terima, Apple saat ini sedang menguji teknologi E Ink yang akan disematkan di layar perangkat.

Pengujian teknologi layar E Ink sendiri merupakan bagian dari pengembangan perangkat lipat yang dilakukan Apple.

Baca juga: Apple Perbarui Desain iPhone 14 Pro Max, Seperti Apa?

E Ink merupakan teknologi layar yang unggul dibandingkan layar jenis OLED atau LCD. Layar E Ink memiliki konsumsi daya yang rendah sehingga lebih hemat baterai.

Namun E Ink bukan tanpa kelemahan. Seperti dikutip Telset dari GSM Arena pada Rabu (18/5/2022), E Ink memiliki kelemahan utama, yaitu refresh rate yang lambat.

Lebih lanjut Kuo menjelaskan kalau Apple bekerja sama dengan E Ink Corporation dari Taiwan, untuk teknologi layar E Ink. Mereka adalah salah satu pembuat E Ink terbesar dan merupakan pemasok utama untuk produk Kindle Amazon.

Adapun mengenai jadwal peluncuran produk, Kuo memperkirakan bahwa iPhone dan iPad lipat akan diperkenalkan ke publik sekitar tahun 2025.

iPhone dan iPad Lipat Gunakan Layar OLED

Sebelumnya rumor mengenai layar iPhone dan iPad lipat memberikan informasi yang berbeda. Menurut media asal Korea Selatan, The Elec Apple dikabarkan sedang mengembangkan layar OLED fleksibel.

Layar OLED dibuat tanpa lapisan polarizer. Tujuannya agar panel layar lebih tipis dan fleksibel, sehingga memungkinkannya untuk dapat dilipat.

Baca juga: Apple Garap Layar OLED Fleksibel untuk iPhone dan iPad Lipat

Samsung Display merupakan produsen pertama yang memasok panel OLED tanpa polarizer. Untuk menggantikan polarizer, Samsung menggunakan teknik yang dikenal CF on TFE atau mencetak filter warna pada enkapsulasi film tipis demi menambahkan lapisan definisi piksel hitam.

Tampilan desain iPhone layar lipat

Dengan teknik tersebut, panel OLED fleksibel menawarkan warna yang lebih jelas melalui filter warna. Seperti dilansir Telset pada Rabu (11/5/2022), teknologi layar ini sudah digunakan Samsung pada seri Samsung Galaxy Z Fold3.

Sayangnya semua rumor tersebut belum mendapat tanggapan dari Apple, jadi belum jelas kebenarannya. [NM/IF]

Leave a Comment