Apple Ingin Pensiunkan Speaker HomePod, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Apple secara mengejutkan akan hentikan produksi speaker pintar, HomePod. Sebenarnya apa latar belakang yang menjadi dasar dari keputusan ini?

Ternyata penyebabnya adalah keberadaan HomePod Mini. Menurut Apple, mereka lebih ingin fokus ke HomePod Mini dan menghentikan produksi HomePod generasi awal.

“HomePod mini telah menjadi hit sejak debutnya musim gugur lalu, menawarkan pelanggan suara yang luar biasa, asisten cerdas, dan kontrol smart home hanya dengan harga USD 99,” ujar Apple.

HomePod pertama kali diperkenalkan di WWDC 2017. Perangkat ini merupakan speaker pertama Apple yang diperkenalkan ke hadapan publik.

{Baca Juga: Apple HomePod Mini Meluncur, Lebih Pintar dan Terjangkau}

HomePod gagal mendapatkan antusiasme dari pelanggan karena harganya yang bisa dibilang cukup tinggi. Apple menyematkan label harga sebesar USD 349 atau Rp 5 jutaan dan kemudian memberikan diskon menjadi USD 299 atau Rp 4,3 jutaan.

Walaupun sudah mendapat pengurangan harga, konsumen tetap menganggap harganya terlalu tinggi. Ditambah lagi, Apple menghadirkan HomePod Mini dengan banderol harga yang lebih terjangkau.

HomePod Mini dibanderol dengan harga USD 99 atau Rp 1,4 jutaan yang jelas jauh lebih murah dan menarik untuk konsumen.

Apple Masih Jual HomePod Sampai Stok Habis

Homepod
HomePod dan HomePod Mini

Walaupun sudah menghentikan produksinya, namun raksasa teknologi asal Cupertino tersebut tetap menjual HomePod hingga stoknya habis.

“Kami menghentikan HomePod asli, dan akan terus tersedia selama persediaan masih ada melalui Apple Online Store, Apple Retail Store, dan Apple Authorized Reseller,” ujar Apple.

{Baca Juga: Penjualan Jeblok, Apple Pangkas Produksi HomePod}

Apple juga menjanjukan akan tetap memberi pelanggan HomePod pembaruan dan layanan serta dukungan perangkat lunak melalui Apple Care.

Speaker pintar ini juga memungkinkan pengguna untuk memberikan perintah berbasis suara ke Siri atau HomeKit tanpa disertai dengan iPhone iPad ataupun perangkat Mac.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Didukung oleh prosesor A8, perangkat ini menampilkan teknologi audio mutakhir seperti mikrofon beamforming, audio adaptif, sistem pembatalan gema canggih, dan banyak lagi.

Dari segi fitur, sebenarnya HomePod mini tidak jauh lebih canggih. Hanya saja, HomePod Mini memiliki konektivitas yang lengkap, beragam fungsi baru yang pintar, dan tentunya harga yang jauh lebih murah. (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -