Penjualan Jeblok, Apple Pangkas Produksi HomePod

Telset.id, Jakarta – Penjualan HomePod di luar ekspektasi, dimana speaker pintar buatan Apple sepi peminat. Alhasil, muncul laporan yang menyebutkan bahwa Apple memangkas pesanan HomePod dari Inventec pada Maret 2018.

HomePod mulai bisa dipesan secara preorder pada Januari 2018.  Menurut informasi, seperti dilansir Digital Trends, HomePod meraup sepertiga dari pasar speaker pintar.

Namun, penjualan itu tak bertahan lama. Angka lego HomePod lantas turun drastis pada Februari 2018. HomePod hanya menyumbang 10 persen dari pasar speaker pintar.

Jauh di atas HomePod, Amazon Echo memperoleh pangsa pasar 75 persen. HomePod juga keok dari perangkat serupa bikinan Google, yakni Google Home yang mengantongi persentase 14 persen.

Yang tak melegakan, tidak ada data maupun pernyataan kuat untuk mendukung kabar bahwa Apple telah memangkas pesanan HomePod dari Inventec.

Baca juga: Mulai Pre-order, Begini Cara Pesan HomePod

Kalau kabar tersebut benar, klaim HomePod sebagai speaker pintar berinovasi serta teknologi terkini nyata-nyata tidak membuat konsumen tergoda. Buktinya, penjualan HomePod jeblok.

Sejumlah pengamat sempat menyatakan bahwa HomePod sejatinya lebih canggih daripada pesaing. Namun, menurut mereka, HomePod punya kelemahan di sektor Siri.

Seperti diketahui, HomePod adalah perangkat IoT berbentuk speaker. Perangkat ini memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki perangkat speaker IoT lainnya, yakni hadirnya asisten pribadi digital milik Apple yakni Siri.

Jadi, seperti halnya dengan speaker pintar lain, Apple membekali HomePod dengan prosesor A8 seperti yang disematkan pada iPhone. Canggihnya, speaker ini bisa mendeteksi ukuran dan dimensi ruangan. Dengan kemampuan itu, HomePod akan secara otomatis bisa mengatur audioberdasarkan ruangan tempat pengguna berada.

Fitur lainnya, HomePod juga mendukung AirPlay 2 yang baru diluncurkan Apple di WWDC 2017. Selain itu, speaker pintar ini terintegrasi dengan Apple Music, sehingga pengguna dapat mengakses koleksi lagu di layanan streaming musik Apple itu secara wireless.

[Baca juga: HomePod, Speaker Pintar untuk Asisten Rumah]

Speaker ini memiliki enam microphone yang diletakkan pada sekeliling bodinya. Dengan begitu, perangkat ini bisa mengakses Siri untuk melakukan berbagai perintah. Pengguna tinggal mengatakan “Hey Siri”, selanjutnya bisa mengatakan perintah yang ingin dilakukan asisten digital tersebut. [SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here