Apple Hentikan Pengembangan Chip WiFi dan Bluetooth, Ini Alasannya

Telset.id, Jakarta – Apple dikabarkan telah hentikan pengembangan dari chip WiFi dan juga Bluetooth buatannya sendiri, yang dimaksudkan untuk menggantikan chip yang disediakan oleh Broadcom.

Meski begitu, Apple berharap dapat memiliki chip sendiri yang siap untuk digunakan pada jajaran iPhone 17 di tahun 2025 mendatang.

Tetapi menurut Ming-Chi Kuo dari TF International mengatakan bahwa perusahaan sedang dalam masalah dalam mengembangkan komponen tunggal yang berfungsi untuk mendukung konektivitas WiFi dan juga Bluetooth dalam satu chip.

BACA JUGA:

Seperti dikutip Telset dari GizmoChina, akibat dari keputusan Apple untuk hentikan pengembangan chip WiFi dan Bluetooth ini adalah Broadcom akan tetap menyuplai chip untuk iPhone 15  yang akan menggunakan WiFi 6E, serta peningaktan standar industri yang beralih ke WiFi 6E/7.

Lebih lanjut, Kuo juga mengatakan bahwa untuk mengembangkan chip kombo WiFi dan Bluetooth jauh lebih sulit dibandingkan mengembangkan chip khusus WiFi. Sebagian besar produk Apple menggunakan chip kombo buatan Broadcom, yang mana akan sulit untuk membuat Apple untuk mengalihkan chip buatan Broadcom ke chip buatan sendiri.

Di sisi lain, diperkirakan Apple akan tetap menyelesaikan pengembangan chip modem 5G buatan sendiri, yang bertujuan untuk menggantikan modem Snapdragon 5G, yang saat ini masih digunakan untuk produk Apple.

Namun, pengembangan chip modem 5G tersebut ditunda karena sumber daya yang terbatas dan masalah dengan paten Qualcomm. Pada akhirnya, Apple kemungkinan akan mengguna chip modem 5G buatan sendiri di seri iPhone mendatang.

Sementara itu, Kuo menyampaikan bahwa sumber daya teknik Apple dialihkan untuk fokus ke pengembangan Apple Silicon yang menggunakan teknologi proses 3nm dari TSMC. Perusahaan juga berharap untuk memproduksi massal chip 3nm tercanggih di dunia sekitar akhir tahun 2023 ini.

Chip ini diharapkan akan meningkatkan kinerja dna juga efisiensi secara signifikan dibanding pendahulunya, karena jumlah node proses yang lebih rendah menyiratkan jumlah transistor yang lebih tinggi.

BACA JUGA:

Karena diberhentikan pengembangan chip WiFi dan Bluetooth oleh Apple, Broadcom akan memasok chip WiFi 6E baru untuk iPhone 15 dengan harga jual rata-rata yang lebih mahal.

Sementara itu, Qualcomm mengharapkan akan memasok modem 5G untuk model iPhone baru, hingga Apple menemukan solusi efektif untuk berbagai hambatan pengembangan Modem 5G.

Di sisi lain, berita Apple menghentikan pengembangan chip kombonya disambut positif oleh para pemegang saham Broadcom dan Qualcomm. [FY/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0