Aplikasi “Hand Wash” di Galaxy Watch Bikin Rajin Cuci Tangan

Telset.id, Jakarta – Untuk membantu orang-orang terbiasa mencuci tangan dengan benar, Samsung meluncurkan aplikasi Hand Wash di Galaxy Watch. Aplikasi ini sangat cocok digunakan saat pandemi Covid-19.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas New South Wales dan diterbitkan pada tahun 2015 oleh American Journal of Infection Control (AJIC), orang menyentuh wajah mereka rata-rata 23 kali per jam.

Sentuhan di wajah itu biasanya ada 10 sentuhan di daerah mata, hidung atau mulut yang jalur utama yang dapat menyebabkan infeksi bakteri atau virus.

{Baca juga: Review Galaxy Watch Active 2: Kolaborasi Style dan Teknologi}

Dengan situasi pandemik saat ini, kesadaran akan pentingnya mencuci tangan sesering mungkin dan secara menyeluruh telah meningkat. Tapi pada praktiknya, terkadang masih banyak yang belum tahu cuci tangan ‘sering dan menyeluruh’ itu bagaimana.

Itulah alasan Samsung mengembangkan aplikasi Hand Wash di Galaxy Watch dan Samsung Wearable lainnya untuk memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana, dan seberapa sering, pengguna harus mencuci tangannya.

Aplikasi ini dapat diunduh di Galaxy Store bagi pengguna Gear S3, Gear Sports, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active, dan Galaxy Watch Active2. Aplikasi ini dapat ditemukan dengan mencari ‘Hand Wash’ di bagian Watch di Galaxy Store.

Aplikasi Hand Wash diklaim dapat membantu mengingatkan pengguna untuk mencuci tangan pada waktu yang dijadwalkan secara teratur sepanjang hari.

Membangun Rutinitas

Jadi, seberapa sering kita harus mencuci tangan? Sebuah studi tahun 2020 oleh University College London (UCL) menunjukkan bahwa mencuci tangan 6-10 kali sehari dapat dihubungkan dengan penurunan risiko infeksi.

Tapi masalahnya, semakin kita sibuk dalam rutinitas pekerjaan, tidak selalu mudah untuk mengingatkan diri kita untuk mengikuti rutinitas mencuci tangan yang teratur ini.

Untuk membantu Anda mencuci tangan teratur, aplikasi Hand Wash memiliki beberapa fungsi alarm. Pengguna dapat memilih tombol pengingat untuk menambah atau mengubah pengaturan waktu alarm mereka.

{Baca juga: Suka Gonta-ganti Outfit? Fitur Galaxy Watch Active2 Ini Cocok Buat Kamu}

Misalnya, pengguna dapat mengatur alarm yang akan memberi tahu mereka setiap dua jam, sehingga mereka dapat memastikan untuk mencuci tangan secara berkala. Jumlah alarm yang disetel setiap pengguna kemudian akan menentukan target di dasbor aplikasi.

Cuci Tangan dengan Benar dan Seksama

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik, atau kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk menyanyikan dua kali lagu ‘Selamat Ulang Tahun’.

Tapi tentu saja mencuci tangan sambil bernyanyi lagu selamat ulang tahun tidak semua orang mau melakukannya. Selain kurang praktis, mungkin juga karena suaranya fals jadi gak pede.

Nah, disinilah fungsi hitung mundur dari Hand Wash berguna. Hitungan mundurnya adalah 25 detik, termasuk 5 detik untuk mengoleskan sabun dan 20 detik untuk menggosok.

Setelah Anda menerima pemberitahuan alarm bahwa sudah waktunya untuk mencuci tangan, Anda dapat dengan mudah mengetuk dan menggeser Samsung Watch Anda untuk memulai menghitung, yang akan memberikan hasil haptic serta grafik begitu penghitung waktu dimulai.

Yang melegakan, semua Galaxy Smart Watch tahan air. Jadi Anda tidak perlu melepasnya ketika Anda mencuci tangan karena takut jam pintar kesayangan Anda rusak terkena air.

Melacak Kebersihan Pribadi Anda

Meskipun mengatur alarm secara teratur adalah cara yang baik untuk mempertahankan kebiasaan mencuci tangan, tentu saja ada saat-saat ketika ada kejadian lain yang mengharuskan kita menjaga kebersihan tangan, seperti saat ke kamar mandi, menyiapkan makanan, dan lainnya.

Di dasbor aplikasi Hand Wash, pengguna dapat dengan mudah melacak berapa lama sejak Anda terakhir mencuci tangan, serta meninjau jumlah target cuci tangan harian dan sudah berapa kali mencuci tangan sejauh ini dalam sehari.

{Baca juga: Samsung Perkenalkan Galaxy Watch Active2 Edisi Under Armour}

Jika pengguna menemukan diri mereka mencuci tangan sebelum alarm pengingat terjadwal berikutnya, pengguna cukup menekan tombol ‘Cuci Sekarang’ sebelum mencuci tangan untuk menonaktifkan alarm yang akan datang.

Memantau Perkembangan Mingguan

Mempertahankan kebiasaan berarti berkomitmen dari waktu ke waktu – dan berkomitmen untuk mencuci tangan setidaknya 6-10 kali sehari tanpa terkecuali.

Untuk membantu membangun kebiasaan mencuci tangan, pengguna dapat memanfaatkan fungsi Pelacakan Tren Cuci Tangan dari aplikasi, yang mencatat kegiatan cuci tangan per hari dan memberikan rata-rata mingguan.

Untuk mencegah penyebaran kuman secara efektif, cara Anda mencuci tangan sama pentingnya dengan frekuensi melakukannya. Saat mencuci tangan, tidak hanya harus menggosok telapak tangan, tetapi juga area di antara jari-jari dan punggung tangan. [HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -