telset
spot_img

Tracker Detect, Aplikasi Android untuk Hindari AirTag Milik Penguntit

Telset.id, Jakarta – Apple merilis aplikasi Tracker Detect untuk pengguna HP Android untuk deteksi AirTag di sekitarnya. Aplikasi ini dapat mendeteksi penguntit yang memanfaatkan perangkat AirTag untuk mengintai tanpa izin.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Sesuai namanya, Tracker Detect membantu pengguna HP Android untuk mengetahui apakah ada seseorang yang diam-diam memanfaatkan Apple AirTag untuk mengintai lokasi mereka.

“AirTag menyediakan fitur privasi dan keamanan terdepan di industri dan hari ini kami memperluas kemampuan baru ke perangkat Android,” ujar juru bicara Apple, seperti dikutip Telset dari Engadget, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Apple AirTag Mudah Diretas dan Diprogram Ulang

“Aplikasi memberi Anda pemilik HP Android kemampuan untuk memindai AirTag atau mendukung pelacak item yang mungkin bepergian bersama mereka tanpa sepengetahuan mereka,” jelasnya.

Cara kerjanya, saat aplikasi berhasil deteksi AirTag terdekat yang telah berpisah dari pemiliknya, Tracker Detect akan menandainya sebagai “Unknown AirTag”. Lalu kalau AirTag mengikuti selama 10 menit, aplikasi akan memutarkan suara supaya AirTag orang lain dapat ditemukan.

Ketika sudah ditemukan, pengguna mendapatkan petunjuk tentang cara melepas baterainya atau menonaktifkan AirTag tersebut di Tracker Detect.

Kemunculan Tracker Detect tidak terlepas dari fenomena penyalahgunaan Apple AirTag untuk mengintai bahkan melakukan tindak pencurian. Contohnya di Kanada, polisi setempat baru-baru ini menangkap kawanan pencuri yang menggunakan AirTag untuk mencuri mobil mahal.

Aplikasi Android Deteksi Apple AirTag
AirTag

Modusnya, mereka akan menempelkan Apple AirTag ke mobil target yang berada di tempat parkir umum. Lalu kawanan pencuri menggunakan aplikasi Find My untuk melacak mobil tersebut dan tempat tinggal pemiliknya.

Baca juga: Headset Apple AR Segera Meluncur 2022

Saat pemilik lengah, mereka lalu berusaha masuk ke dalam dan mencuri mobil yang sudah mereka intai. Untuk itu Apple berusaha mencegah tindak kejahatan tersebut dengan menghadirkan aplikasi Tracker Detect di perangkat Android.

Semoga saja fitur ini bermanfaat bagi Anda pengguna Android untuk mendeteksi adanya AirTag tidak dikenal yang berada di sekitar mereka. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0