Ada Berapa Versi Dual Camera pada Smartphone?

2. Dual-camera RGB Lens dan Monochrome Lens

Selanjutnya ada dual-camera yang memadukan lensa RGB dan monokrom untuk menghasilkan gambar yang lebih “hidup” dan detail. Smartphone yang mengadopsi kolaborasi kamera dengan dua lensa yang berbeda ini adalah Huawei P9 dan P10 serta Coolpad Cool Dual.

Pada dual-camera jenis ini, sebenarnya yang memegang peranan penting adalah lensa monokrom. Hal itu karena lensa monokrom mampu menangkap lebih banyak detail daripada lensa RGB serta mampu menangkap intensitas cahaya (gelap dan terang) dengan maksimal tanpa harus memikirkan warna apa yang ditangkap, sehingga hasil foto dari lensa ini akan lebih tajam.

Cara kerja dari dual-camera model ini? Well, saat pengguna mengambil gambar menggunakan HTC P9 misalnya, kedua lensa tersebut akan mengambil foto secara bersamaan. Kemudian software yang ditanamkan pada P9 akan menggabungkan kedua foto tersebut menjadi satu gambar.

Foto hasil lensa RGB yang kaya akan warna, digabungkan dengan foto hasil lensa monokrom yang lebih detail dan tajam, sehingga secara teori akan mendapatkan foto yang lebih berkualitas, detail dan lebih tajam daripada hasil foto dari smartphone single-camera.

Oh ya satu lagi, dual-camera model ini juga bisa bertugas secara terpisah. Misalnya saja ketika Anda ingin mengambil gambar dengan nuansa vintage atau jadul, Anda bisa menggunakan lensa monokrom saja untuk mengambil objek tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here