5G Jadi Penyebab Baterai HP Boros? Ini Penjelasan Telkomsel

Telset.id, Jakarta – Di tengah perkembangan jaringan 5G di Indonesia, muncul kekhawatiran kalau jaringan tersebut menjadi penyebab baterai HP jadi boros. Lantas bagaimana operator penyedia 5G, dalam hal ini Telkomsel menjawab isu tersebut?

Melalui webinar Selular Congress 2022 pada Selasa (29/3/2022), Marfani selaku VP Network Architecture and Design Telkomsel, menjelaskan bahwa di tahap awal gelaran 5G, jaringan internet cepat tersebut memang menjadi salah satu penyebab baterai HP jadi boros dan cepat habis.

Alasannya karena di tahap awal jaringan generasi kelima itu masih terbatas sehingga terjadi transaksi layanan yang intensif antara ponsel dan jaringan.

“Karena masih awal dan coverage-nya masih terbatas, transaksi antara end-user dan network itu bakal cukup intensif saat memakai 5G. Sehingga mungkin baterainya bakal jauh lebih cepat berkurang,” kata Marfani.

Baca juga: Uji Jaringan 5G di MotoGP Mandalika 2022

Sedangkan saat jaringan tersebut sudah merata di Indonesia, maka layanan internet generasi terbaru itu tidak akan membuat baterai smartphone 5G cepat habis.

“ke depan jaringan 5G Telkomsel akan semakin rapat, sehingga akan lebih hemat batera karena akan ada mekanisme tertentu dalam teknologi 5G yang bisa menghemat baterai,” ujar Marfani.

Pada webinar ini diungkapkan pula mengenai perkembangan teknologi 5G Telkomsel. Selain menggelar di beberapa kota di Indonesia, Telkomsel juga banyak menggelar show case 5G di event nasional dan internasional.

Baca juga: Tips Merawat Baterai HP Android Agar Awet

Misalnya Telkomsel telah menggelar show case 5G di acara Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua, MotoGP 2022 di Mandalika, dan KTT G20 2022. Harapannya layanan 5G bisa lebih dikenal dan menjadi inspirasi bagi masyarakat.

Tidak ketinggalan, Telkomsel beserta Telkom Grup juga tengah membangun jaringan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

“Kami mendukung digitalisasi IKN dan multi event seperti MotoGP, PON Papua dan KTT G20 2022. Semoga show case ini menjadi inspirasi bagi populasi digital di Indonesia dan kami siap berkolaborasi,” kata Marfani.

Baca juga: HP 5G Lebih Laku Ketimbang Model 4G

Semua upaya pengembangan 5G bukan tanpa target. Marfani menuturkan bahwa Telkomsel ingin menjadi operator dengan jaringan 5G terluas di Indonesia.

“Kami mencoba menjadi The Widest 5G Coverage di Indonesia. Setidaknya di 2022 sampai 2024 ini yang menjadi cita-cita kami,” harap Marfani. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0