5 Alasan Kenapa Gaming Lancar Tak Butuh Smartphone Mahal!

Telset.id, Jakarta – Main game sepertinya telah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Jika bukan karena pekerjaan, benar-benar menggemarinya alias hobi. Ya untuk sekedar mengisi waktu luang. Tak heran, jika kemudian berbagai smartphone gaming berharga mahal pun banyak dihadirkan oleh para vendor smartphone. Tapi benarkah harus smartphone mahal?

Gelombang baru smartphone gaming, yang sempat terjadi di era 2.000-an silam pun kembali terjadi dengan banyaknya nama besar yang menghadirkan smartphone khusus untuk gaming.

Ada beberapa kesamaan diantara semuanya, meski masing-masing pabrikan mencoba untuk membedakan perangkatnya dengan yang lain. Caranya? Dengan menghadirkan fitur yang unik.

Pada umumnya, para vendor lebih condong menghadirkan smartphone dengan fitur tambahan untuk bermain game, daripada mencoba menjadi perangkat hybrid – 50 persen smartphone, 50 persen konsol game. Meski buntut-buntutnya harga smartphone akan langsung menjulang alias mahal.

Tapi pertanyaannya, apakah kehadiran smartphone khusus untuk gaming berharga mahal benar-benar wajib, utamanya bagi mereka yang suka bermain game secara mobile?

Sebenarnya tidak juga. Apalagi sekarang ini, disaat para pabrikan secara terbuka menggelar perang spesifikasi. Dan dengan peningkatan RAM serta prosesor yang terjadi setiap tahunnya, kini  smartphone mainsteam sekalipun lebih dari mampu untuk menangani game yang canggih dan grafis resolusi tinggi.

Dan yang pasti tak selalu harus mahal, apalagi yang mengharuskan kita menjual ginjal untuk mendapatkannya. Ada banyak smartphone di luar sana, yang tak hanya mumpuni secara kinerja, tetapi juga terjangkau secara harga.

Nah, salah satunya adalah Xiaomi Mi A2. Bukan saja bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai smartphone, Mi A2 bahkan bisa menjadi teman bermain game yang handal. Beberapa hal berikut jadi alasannya.

1. Layar Besar

Xiaomi membekali Mi A2 dengan layar LCD berukuran 5,99 inci, lengkap dengan resolusi 2160×1080 (Full HD+) dan aspek rasio 18:9; 403PPI, 85% NTSC. Di atas kertas, ini berada di level yang sama dengan beberapa seterunya yang juga menampilkan layar Full HD.

Kami pribadi menilai ini lebih dari cukup. Nyamanlah untuk penggunaan sehari-hari. Tulisan dan gambar tampak tajam, dengan sudut pandang yang juga bagus. Ini penting, karena artinya kita bisa mendapatkan pengalaman melihat yang lebih baik, entah itu sekedar browsing, menonton video, hingga tentu saja bermain game.

{Baca juga: Mi A2 & Mi A2 Lite Resmi Sambangi Indonesia, Harganya?}

Oh, satu jempol buat Xiaomi, yang memilih tidak mengikuti tren poni – setidaknya untuk seri ini. Kami jadi tidak perlu repot-repot menyingkirkannya saat sedang ingin bermain game.

2. Prosesor Mumpuni

Seperti kebanyakan pabrikan, Xiaomi juga memutuskan untuk melanjutkan perang spesifikasi di ranah smartphone. Sebagai hasilnya, tertanamlah kekuatan Snapdragon 660 dari Qualcomm (2.2GHz max, GPU Adreno 512) di otak mesinnya.

Secara garis besar, kinerja yang ditorehkan lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, ya browsing, nonton,  main game,  dan lainnya. Berdasarkan hasil pengujian kami, nyaris tak ada masalah berarti saat menggunakannya. Bahkan saat memainkan game dengan grafis tinggi sekalipun.

Kami mengujinya pertama kali dengan memainkan Asphalt 9: Legends. Secara keseluruhan, pengalaman memacu kendaraan berjalan dengan mulus. Selain itu, suhu badannya pun tak lantas melonjak naik, meski telah dimainkan selama beberapa waktu.

Hal yang tak jauh berbeda berlaku kala kami memainkan PUBG. Mi A2 bisa memainkannya dengan baik. Meski tidak dalam pengaturan tertinggi. Oh, satu hal yang perlu dicatat, PUBG cukup menguras baterai.

Jadi, akan menjadi kelebihan tersendiri ketika Xiaomi membekalinya dengan baterai 3.010 mAh. Bolehlah untuk menjadi teman bermain game. Smartphone ini bisa bertahan sekitar 10 jam untuk pemakaian berat.

{Baca juga: Hands-on Xiaomi Redmi 6A, Entry-level Killer Selanjutnya?}

Singkat kata, senjata memang penting saat kita ingin menjadi pemenang dalam PUBG, pun demikian dengan baju pelindung, serta alat-alat lainnya, tapi tidakkah semua itu akan berjalan lebih mulus dengan prosesor yang mumpuni?

3. RAM dan Memori Internal Besar

Saat ini, ada begitu banyak pilihan RAM di pasaran. Mulai dari RAM yang kapasitasnya 2GB, 4GB, 8GB, bahkan 32GB. Bagi para penikmat game atau gamers, RAM dengan kapasitas besar tentu saja menjadi pilihan demi mendapatkan pengalaman bermain game tanpa hambatan.

Di mesinnya, Xiaomi membenamkan kapasitas RAM 4GB, dengan penyimpanan internal 64GB. Secara hitung-hitungan, ini memang terbilang standar, namun lebih dari cukup untuk membawa kita menikmati game di ponsel. Bahkan PUBG sekalipun. Setidaknya, jauh dari force closed secara tiba-tiba.

Sementara memori internal yang dibawanya lebih dari cukup untuk menampung banyak game, lantaran sisa memori tetap harus dibagi dengan sistem berukuran besar.

4. Android One

Berbekal Android One, Xiaomi Mi A2 tak hanya memungkinkan kita mendapatkan pengalaman Android yang “murni” karena memang berbeda dengan smartphone Android umumnya, ini juga tidak mengharuskan kita berhadapan dengan banyak bloatware atau aplikasi tambahan yang biasanya dibenamkan produsen smartphone di ponselnya. Alhasil, ponsel pun terasa lebih ringan dan lebih cepat saat dioperasikan.

Kelebihan lainnya, dan ini sebagaimana telah dijanjikan Google, ponsel Android One akan menjadi ponsel yang mendapatkan pembaruan atau update yang lebih cepat daripada smartphone Android lainnya.

Nah, karena update yang lebih cepat ini, ponsel Android One pun lebih aman daripada smartphone Android lainnya yang harus menunggu pembaruan lebih lama. Pasalnya, pada setiap pembaruan selalu ada pembaruan dalam hal keamanan, yang akan membuat ponsel lebih aman dari serangan virus atau hacker.

5. Harga Terjangkau

Bagus tak melulu harus mahal, mungkin itu ungkapan yang tepat untuk ponsel Android One kedua yang pernah dihadirkan Xiaomi ini. Alih-alih membawa banderol harga yang mahal, Xiaomi memilih menjual Xiaomi Mi A2 dengan harga yang bersahabat. Sebagai imbalannya, kita tak hanya mendapatkan layar besar dengan resolusi Full HD+, tetapi juga prosesor mumpuni dan RAM/ROM besar.

{Baca juga: Xiaomi Rilis Game Pesaing PUBG dan Fortnite}

Selain itu, masih ada torehan Android One serta fitur-fitur pelengkap lainnya. Katakan saja kamera ganda, sensor sidik jari dan baterai yang besar. Nah, lebih dari cukup bukan untuk sekedar main game, bahkan PUBG?

Sekedar informasi, saat ini Xiaomi Mi A2 bisa diperoleh baik di Mi Store, Lazada maupun Shopee. [ADV/IF]

 

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here