Sony Pamer Tampilan UI PlayStation 5 [Video]

UI PlayStation 5

Telset.id, Jakarta – Sony akhirnya mengungkapkan seperti apa tampilan antarmuka atau UI PlayStation 5 dalam video baru berdurasi 11 menit. Video tersebut berfokus pada dua aspek UI, yakni Layar Beranda (homescreen) dan Pusat Kontrol (Control Center).

Dikutip Telset.id dari GSMArena, Homescreen baru di UI PlayStation 5 akan terlihat familiar bagi siapa saja yang sudah sering memainkan game di PlayStation 4.

Anda masih akan menjumpai sistem horizontal tile yang sama di UI PlayStation 5, yang dapat Anda gulir untuk mengungkapkan informasi tambahan di bawahnya, meski jumlahnya telah berkurang.

{Baca juga: Kabar Gembira! Game PS4 Bisa Dimainkan di PlayStation 5}

Dalam video tersebut, kita dapat melihat bahwa mengarahkan mouse ke game tile akan menunjukkan hub game di bawahnya, menunjukkan Aktivitas game, klip video dan tangkapan layar, serta berita game.

Ini semua tersedia untuk game di PS5 dan beberapa di antaranya juga akan tersedia untuk PS4 yang kompatibel dengan versi sebelumnya.

Ada juga tab Jelajahi baru, yang menampilkan semua game Anda, konten game, berita game, dan juga berita di perangkat keras PlayStation. Tab ini awalnya hanya akan tersedia di AS dan nantinya akan tersedia di wilayah lain.

PlayStation Store sekali lagi menjadi tab paling kiri di layar beranda. Kabar baiknya kali ini adalah store sekarang menjadi bagian dari sistem operasi, dan bukan hanya aplikasi lain yang membutuhkan waktu untuk memuat. Ini akan membuat mengakses konten di store lebih cepat.

Seperti halnya game, aplikasi media pada PS5 juga mendapatkan bagiannya sendiri dengan kumpulan tab-nya sendiri, meskipun bagian ini tidak ditampilkan selama pratinjau.

Control Center

UI PlayStation 5

Selanjutnya adalah Control Center, yang merupakan fitur baru terbesar dari perangkat lunak PlayStation 5. Fitur ini dipanggil dengan menekan tombol PlayStation.

Di bagian bawah layar, Anda akan melihat opsi akses cepat untuk hal-hal seperti berpindah game, notifikasi, daftar teman, pengaturan audio, pengaturan pengontrol, dan daya.

{Baca juga: Teardown PlayStation 5 Tunjukkan Fitur Pendingin ‘Logam Cair’ [VIDEO]}

Namun, fitur utama dari Pusat Kontrol adalah kartu baru. Kartu memberikan opsi spesifik konteks yang akan berubah tergantung pada permainan atau aplikasi.

Salah satu kartu utama di sini adalah Activities, yang adalah fitur yang menyediakan integrasi mendalam dengan game PS5 dalam UI konsol.

Sistem akan membuat Activities Card ini untuk hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam game tertentu, dan juga akan menampilkan kartu untuk aktivitas yang terkait dengan level Anda saat ini.

Misalnya, dalam game Sackboy A Big Adventure, Anda akan mendapatkan Activities Card yang memungkinkan Anda mengubah level ke level lain. Dalam level itu, Anda akan melihat kartu yang memungkinkan Anda melihat tujuan yang tertunda.

{Baca Juga: Spesifikasi PlayStation 5 Diumumkan, Lebih Gahar dan Kencang!}

Dari sana, Anda dapat melompat langsung ke level di tempat tertentu untuk menyelesaikan tujuan tersebut.

Untuk membantu Anda lebih jauh, beberapa game juga akan menawarkan bantuan game, yang memberikan petunjuk dan panduan video untuk membantu Anda menyelesaikan tujuan tanpa spoiler.

Petunjuknya bisa berupa gambar atau video dan dapat diputar di samping atau di dalam jendela gambar-dalam-gambar saat Anda bermain game. Fitur ini akan tersedia tergantung pada game dan hanya untuk judul PS5. Bantuan game juga akan tersedia hanya untuk pelanggan PlayStation Plus.

Anda juga mendapatkan pemberitahuan untuk pesta obrolan suara baru yang dimulai oleh teman-teman Anda, dan Anda dapat bergabung dengannya selama tetap dalam permainan.

Teman-teman Anda juga dapat membagikan video game yang mereka mainkan, dan Anda dapat menontonnya dalam gambar video, saat Anda memainkan game Anda sendiri.

Anda juga akan melihat kartu untuk hal-hal seperti piala yang mungkin telah Anda kumpulkan, berita tentang permainan yang dimainkan, dan tangkapan layar serta klip video yang mungkin telah Anda rekam.

{Baca juga: 7 Fakta Penting Tentang PS5 yang Kamu Harus Tahu!}

Video sekarang dapat ditangkap dengan resolusi hingga 4K dan dibagikan ke media sosial, seperti sebelumnya. Yang keren adalah Anda cukup memasukkan teks menggunakan suara Anda dengan mikrofon yang terpasang di pengontrol.

Kami membayangkan Anda akan dapat memasukkan teks dengan suara Anda di hampir semua tempat di konsol, membuat salah satu pengalaman penggunaan konsol yang paling menjengkelkan menjadi jauh lebih mudah.

Silahkan lihat video selengkapnya yang menampilkan UI PlayStation 5 baru di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here