7 Fakta Penting Tentang PS5 yang Kamu Harus Tahu!

PS5
Ketahui fakta PS5 menjelang perilisannya

Telset.id – Playstation 5 (PS5) menjadi salah satu konsol keluaran terbaru yang banyak ditunggu para gamers dari seluruh dunia. Banyak yang bertanya-tanya, apa saja yang baru akan dibawa konsol game penerus PS4 ini?

Sony selaku pembuat konsol ini menjadwalkan PS5 release pada November 2020 dengan harga $399 (Rp5,9 juta) untuk varian tanpa disk drive dan $499 (sekitar Rp7,4 juta) untuk versi standar.

Saat desain Playstation 5 pertama kali dimunculkan ke publik, banyak orang yang takjub dengan desainnya yang futuristik.

PS5 siap memainkan game keren yang siap memanjakan pemain sebut saja GTA V, Resident Evil VIII, Grand Theft Auto V, Cyberpunk 2077, Far Cry 6, dan game seru dan terkenal lainnya.

Selain itu kabarnya Playstation 5 juga mampu memainkan beberapa game PS4 berkat spesifikasi yang dimilikinya. Canggih kan? Tim Telset.id telah merangkum 7 fakta Playstation 5 yang patut kamu ketahui.

1. Memiliki Prosesor dan GPU yang lebih awet

Harga PS5
Memiliki Prosesor dan GPU yang lebih awet

Sekilas memang tampak jika spesifikasi Plasystation 5 kalah dengan konsol Xbox Series X, pesaing utamanya. Namun hal itu belum menjadi bukti jika PS5 lebih inferior karena masing-masing komponen CPU (prosesor) dan GPU konsol ini akan memiliki teknologi Variable Frequency.

Dengan proses Variable Frequency, konsol Playstation 5 memiliki kestabilan daya yang konsisten dan fleksibel dalam menyesuaikan proses daya frekuensi tiap core prosesor. Teknologi ini membantu kinerja sistem pendingin sehingga performa lebih stabil saat dimainkan berjam-jam.

Playstation 5 menggunakan CPU berjenis 8-core AMD Zen 2 berkecepatan 3.5 GHz dan GPU berjenis AMD RDNA 2 yang memiliki kapasitas raytracing berjumlah 36 Compute Unit (CU), performa 10,28 teraflops, dan sistem Clock mencapai 2,23 GHz.

2. Kemampuan loading super cepat

Playstation 5
Loading cepat

PS5 menggunakan Solid State Drive (SSD) versi custom berkapasitas data sebesar 825 GB. Kecepatan datanya pun hingga 5 GB sampai 9 GB/detik untuk pembacaan data yang terkompres. Bandingkan dengan kecepatan data PS4 yang masih menggunakan HDD dengan kemampuan membaca 50-100 MB per detik.

Tim Sweeney yang merupakan CEO Epic Games menyebut bila kemampuan SSD PS5 berhasil melampaui performa SSD yang biasa berjalan pada perangkat PC kelas atas.

Playstation 5 mampu menjalankan permainan dengan proses loading yang tergolong singkat. Jadi gak sabar nunggu PS5 release yang tinggal menunggu bulan.

3. Mampu memainkan game di atas 60 FPS dan resolusi di atas 4K

PS5 release
Mampu memainkan game di atas 60 FPS dan resolusi di atas 4K

Harga PS5 yang mencapai Rp 7,4 juta untuk versi standar membuat gamers membayangkan performa ciamik dari konsol terbaru Sony ini. Konsol keluaran terbaru seperti PS5 dan Xbox Series X sudah bisa memainkan game dengan tingkat frame rate per-second (FPS) di atas 60.

Playstation 5 memiliki CPU, GPU, dan SSD yang menunjang untuk memainkan game 2 hingga 4 kali lipat 60 FPS hingga 240 FPS. Soal resolusi, Sony optimis mampu menuangkan performa hingga kisaran resolusi 8K.

Hal ini tentu saja akan lebih memanjakan mata pemainnya saat memainkan game PS5 yang juga baru dirilis, dengan kualitas grafis yang semakin realistis.

4. Dukungan teknologi audio 3D yang lebih nyata

PS5 harga
teknologi audio 3D

Selain menonjolkan aspek visual, Sony tak ketinggalan menunjang Playstation 5 dengan kualitas audio terdepan. Sony sudah melengkapi konsol generasi kelima ini dengan teknologi Tempest 3D audio tech.

Teknologi ini akan membuat suara dari game Playstation 5 semakin detail. Gamers bisa merasakan nuansa realitis dari setiap permainan maupun perpindahan stage maupun level.

Pihak Sony memang menyarakan gamers PS5 untuk menggunakan headset wireless saat bermain. Dan headset ini tampaknya menjadi salah satu bagian dari penjualan Playstation 5 atau dijual secara terpisah. Ada baiknya kamu mulai nabung dari sekarang untuk membeli konsol beserta aksesoris PS5.

5. Kontroler bernama DualSense

Game PS5
Kontroler bernama DualSense

Konsol PS5 mengadopsi nama DualSense, sudha bukan lagi Dualshock seperti pada kontroler Playstation seri sebelumnya. Hal mencolok dari kontroler wireless generasi terbaru ini ada pada sensitivitas berkontrol. Sony menamai fitur pada kontroler terbaru ini yakni Haptic Feedback dan Adaptive Trigger.

Haptic Feedback merupakan sensasi irama getaran di tanganmu terasa berbeda-beda saat berada pada situasi tertentu di dalam game. Sementara fitur Adaptive Trigger pada tombol R2 dan L2 untuk memberi rasa sampai ketahanan yang cukup nyata saat karaktermu sedang melakukan aksi-aksi tertentu.

Misalnya perbedaan sensasi ketika karakter menggunakan senjata api atau busur panah. Asyik banget kan..

6. Mampu memainkan game PS4?

PS5
Mampu memainkan game PS4?

Sony merancang konsol Playstation 5 supaya bisa memainkan game pada konsol sebelumnya seperti Playstation 4. Walau dibuat dengan arsitektur yang sama, tidak semua game PS4 bisa dimainkan di konsol generasi kelima ini.

Sony mengonfirmasi kurang lebih ada 100 game PS4 terlaris mereka yang dapat dimainkan di Playstation 5. Dan kabarnya ada sekitar 4000 judul yang sudah dinyatakan kompatibel untuk bisa dimainkan di PS5. Jadi tambah satu alasan untuk menunggu PS5 rilis nih.

7. PS5 versi standard dan versi digital

Playstation 5
PS5 versi standard dan versi digital

Sony menuturkan bahwa PS5 release dalam dua model yakni versi standard dan digital (download saja). Perbedaan mencolok pada dua versi itu adalalah PS5 versi digital tak mampu memainkan game dalam wujud fisik. Kamu bisa lihat pada gambar di kanan yang mana konsol versi digital tak memiliki slot disc drive.

Konsol versi digital juga memiliki bentuk yang lebih ramping dan menjadi konsol Playstation 5 termurah yang bisa dibeli. Kamu lebih memilih PS5 versi standar atau digital?[RP/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here