GAMES

Game Populer PlayStation Bakal Dirilis ke Smartphone, Sony?

Helmi Reinaldi

Telset.id, Jakarta – Sony sepertinya akan mulai berfokus merambah mobile gaming. Dikabarkan bahwa Sony akan membawa sejumlah game populer PlayStation ke smartphone.

Spekulasi ini terendus setelah Sony membuka lowongan pekerjaan baru di perusahaannya. Lowongan tersebut mencari sosok yang tepat untuk mengisi posisi Head of Mobile di PlayStation Studios.

Posisi itu akan bertanggung jawab untuk proses pengembangan game PlayStation di smartphone, serta menjalankan visi misi, serta strategi di PlayStation Studios.

{Baca Juga: 10 Game PS4 Terbaik Paling Hits 2021, Nyesel Gak Main!}

Berdasarkan keterangan dari lowongan tersebut, Head of Mobile akan bekerjasama dengan tim untuk mengembangkan roadmap produk untuk jangka waktu hingga 3-5 tahun.

“Sebagai Head of Mobile, Anda akan memiliki dan mengembangkan strategi game mobile untuk PlayStation Studios dan membantu membangun fondasi untuk peluang bertumbuh di masa depan,” tulis keterangan dalam lowongan tersebut.

Yang membuatnya makin menarik, bagi siapapun yang mengisi posisi Head of Mobile diharuskan untuk fokus mengadaptasi franchise game populer milik Sony PlayStation ke platform smartphone.

{Baca Juga: Begini Rasanya Download Game PS5 Pakai Internet 1000 Mbps}

Seperti yang kita ketahui bersama, nama Sony sudah sangat besar di industri game berkat konsol PlayStation dan sejumlah game eksklusif.

Sebelumnya, perusahaan asal Jepang tersebut juga sempat meluncurkan game berjudul Uncharted: Fortune Hunter. Game bergenre puzzle adventure ini dihadirkan ke platform Android dan iOS, dan merupakan adaptasi dari franchise Uncharted.

Sony PlayStation Garap Game Smartphone, Pasarnya Menggiurkan?

Gaming di Smartphone

Langkah Sony PlayStation untuk lebih serius di pasar mobile gaming jelas bukan tanpa sebab. Pasar mobile gaming merupakan tempat yang menggiurkan untuk meraih keuntungan.

Nintendo misalnya yang telah lebih dulu menjelajah di pasar mobile gaming. Presiden Nintendo, Storu Iwata mengembangkan strategi khusus untuk memasuki pasar mobile gaming.

{Baca Juga: Harga PS5 Rusak Gara-gara Calo, Pengecer Langsung Melawan}

Sejak tahun 2015, Nintendo telah berhasil mengambangkan sejumlah game mobile. Beberapa bahkan sudah masuk daftar game yang paling banyak diunduh di App Store dan juga Google Play Store, seperti Mario Kart Tour misalnya.

Tidak cuma jumlah unduhan yang banyak saja yang berhasil mereka dapatkan. Seperti dikutip dari GizChina, Senin (12/4/2021), Nintendo bahkan telah mengantongi total pendapatan lebih dari USD 100 juta.

Tentunya ini hasil yang menggiurkan untuk para stakeholder di industri game. Mereka tentu tak ingin kelewatan menikmati keuntungan besar tersebut.

{Baca Juga: Harga Game PS5 Disebut Mahal, Sony: Wajar Kok!}

Selain Nintendo, pada bulan November 2020 yang lalu, Blizzard juga mengumumkan akan menghadirkan game andalan mereka, seperti Warcraft, StarCraft dan Overwatch ke perangkat smartphone.

“Kami bertekad untuk memberikan pengalaman seluler yang menarik bagi penggemar yang ada di waralaba kami dan ratusan juta pemain di seluruh dunia yang belum memainkan game kami,” jelas Blizzard. (HR)

Leave a Comment
Helmi Reinaldi
Tags: sony