Harga Game PS5 Disebut Mahal, Sony: Wajar Kok!

Harga Game PS5
Game-game PS5 (Foto: Gaming Intel)

Telset.id, Jakarta – Bersamaan dengan diluncurkannya PlayStation 5, diikuti juga dengan berbagai judul game yang bisa dimainkan di PS5. Tapi sayangnya, harga game PS5 bakal naik dan lebih mahal dari sebelumnya.

Salah satu contoh terbaru adalah Demon’s Soul. Game tersebut dijual dengan banderol harga sekitar 70 Euro atau sekitar Rp 1,029 juta. Padahal sebelumnya game PS4 dijual dengan harga tak sampai Rp 1 juta.

Jika ada game yang dijual menyentuh angka jutaan, biasanya disertai dengan sejumlah bonus, seperti item in game ekstra, atau merchandise spesial lainnya.

Naiknya Harga Game PS5

harga game PS5
CEO Sony, Jim Ryan (Foto: Sony)

Harga game PS5 yang tergolong mahal tentunya mendapat respon yang beragam dari kalangan gamer. Tidak sedikit juga yang mengeluhkan naiknya harga dari game PlayStation 5.

Untuk menjawab keluhan tersebut, CEO Sony PlayStation, Jim Ryan, akhirnya buka suara. Menurutnya, label 70 Euro untuk sebuah game PS5 seperti Demon’s Souls merupakan harga yang wajar.

Alasannya, gamer akan mendapatkan waktu bermain yang lebih banyak dari sebelumnya. Jadi nominal tersebut cukup pantas dengan konten dan hiburan yang ditawarkan dalam game.

{Baca Juga: Siap-siap Gamers! PlayStation 5 Segera Dijual di Indonesia}

“Ya, saya pikir itu cukup layak. Jika Anda mengukur berjam-jam hiburan yang disediakan oleh game seperti Demon’s Souls, dibandingkan dengan bentuk hiburan lainnya, saya pikir itu perbandingan yang jelas,” ujar Ryan dalam wawancaranya dengan Telegraph, sebagaimana dikutip Telset, Senin (23/11/2020).

Beberapa pengembang game juga mengamini pernyataan dari Ryan. Mereka menyebut bahwa permainan menawarkan durasi hiburan yang lebih panjang bila dibandingkan dengan film atau buku.

Selain durasi hiburan yang panjang, CEO Take Two Interactive, Strauss Zelnick mengatakan bahwa ongkos produksi sebuah video game terus membengkak tiap tahunnya. Untuk itu, merupakan hal yang wajar jika harga game ikut mengalami kenaikan.

{Baca Juga: Mengintip Daftar Game PS5, dari Spider-Man Hingga Pragmata!}

“Kita tidak melihat adanya kenaikan selama hamor 15 tahun dan ongkos produksi terus naik antara 200 hingga 300 persen,” keluh Zelnick.

“Kami membuat game yang jauh lebih besar di harga USD 60 atau USD 70 dibandingkan dengan harga 10 tahun yang lalu. Pengalaman main game yang didapat benar-benar kuat, bahkan jika Anda tidak lagi mengeluarkan uang setelah pembelian awal,” sambungnya.

Harga PS5 di Indonesia

Harga PS5 Indonesia
Harga PS5 Indonesia (Foto: Eurogamers)

Sebelumnya, pihak Sony juga telah mengumumkan tanggal peluncuran serta harga PS5 di Indonesia. Rencananya, konsol next-gen tersebut bakal tersedia pada tanggal 22 Januari mentang.

Sesi pre order PS5 untuk konsumen di Indonesia akan dimulai pada 18 Desember 2020. Proses pemesanan bisa dilakukan secara online atau offline di toko-toko ritel yang sudah ditunjuk oleh Sony.

{Baca Juga: Daftar Harga dan Distributor Resmi PlayStation 5 di Indonesia}

Konsumen di Indonesia bisa memilih dua varian PS5 yang tersedia. Varian pertama dilengkapi dengan drive disk Blu-ray, sementara versi lainnya merupakan Digital Edition, alias tidak menggunakan kaset Blu-ray.

Perihal harga, PS5 dengan drive disek bakal dijual di Tanah Air dengan harga resmi Rp 8.799.000. Sedangkan untuk versi Digital Edition dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, yakni Rp 7.299.000.

Perilisan PS5 juga bakal diramaikan dengan beragam judul game baru. Sebut saja Demon’s Souls, Call of Duty Black Ops Cold War, dan Marvel Spider Man: Miles Morales. Game-game tersebut akan dijual dengan harga mulai dari Rp 729.000 hingga Rp 1.029.000. (HR/MF)

Previous articleIlmuwan Kecewa Tidak Bisa Lagi Pakai Teleskop Raksasa
Next articleLenovo IdeaPad Slim 5i Tiba di Indonesia, Dijual Rp 10 Jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here