GAMES

Riset: Jumlah Gamer di AS dan Kanada Meningkat 5%

Bagus Adi

Telset.id, Jakarta – Jumlah orang yang bermain game mobile atau mobile gamer di AS dan Kanada dilaporkan meningkat 5 persen pada 2018 dibandingkan tahun sebelumnya. Data tersebut berdasarkan laporan baru dari perusahaan metadata videogame EEDAR dan perusahaan intelijen pasar, Sensor Tower.

Menurut laporan bertajuk “Dekonstruksi Mobile & Tablet Gaming 2019”, seperti dilansir dari Thestar, dari 283,1 juta pengguna seluler di AS dan Kanada, 210,9 juta diantaranya adalah gamer.

“Pendapatan game mobile terus tumbuh di AS dan Kanada, dan sekarang mewakili segmen terbesar dalam pasar game,” kata analis industri game di The NPD Group, Mat Piscatella.

{Baca juga: Hey Gamers! Ini Cara Download Map Vikendi di PUBG Mobile}

Dia menuturkan, enam puluh persen orang Amerika dan Kanada bermain game seluler karena banyaknya pilihan konten yang tersedia. Diantaranya game seluler seperti Candy Crush Saga, Clash Of Clans, Pokémon Go, Roblox, Fortnite, Slotomania, dan masih banyak lagi.

Anak-anak di AS dan Kanada adalah salah satu gamer seluler yang paling mungkin bermain menggunakan tablet. 83 persen anak-anak bermain di tablet, sementara remaja atau dewasa yang menggunakan tablet untuk bermain game hanya 54 persen.

Di kalangan remaja dan orang dewasa, kemungkinan besar mereka bermain menggunakan smartphone adalah sebanyak 92 persen. Sememtara anak-anak yang menggunakan smartphone untuk bermain game sekitar 63 persen.

{Baca iuga: Gamers! MPL Season 3 Digelar, Hadiahnya Rp 1,7 Miliar}

iPhone tetap menjadi ponsel populer di AS dan Kanada, namun ponsel Android tetap menjadi pilihan game paling populer. Hal ini dikarenakan rentang harga yang lebih murah, dibandingkan iPhone.

Namun, penggunaan perangkat ganda paling umum terjadi pada produk Apple, dengan 44 persen pengguna iOS bermain di iPhone dan iPad. Sementara, hanya 33 persen pengguna Android yang menggunakan perangkat ganda. [BA/IF]

Leave a Comment