GAMES

12 Game MOBA Terbaik Paling Seru 2022 di Android

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id – Mobile Legends masih menjadi game MOBA yang paling digemari. Tapi buat kamu yang merasa bosan memainkannya, kalian bisa coba mainkan game MOBA terbaik lainnya yang kami rekomendasikan ini, baik di Android maupun offline di PC.

Selain Mobile Legends, kalian pasti juga sudah tahu game MOBA Android dan offline lainnya, seperti misalnya game Dota 2 di PC, yang sangat terkenal dan digandrungi.

Game MOBA adalah genre yang dikembangkan dari genre real-time strategy. Di permainan Multi-player Online Battle Arena ini para pemain akan menjalankan satu karakter, dimana masing-masing pemain akan dibagi menjadi dua kubu dan akan saling berburu kemenangan.

Baca juga: 20 Game Battle Royale Terbaik, Paling Seru!

Sebelum munculnya game mobile seperti sekarang, game MOBA PC sudah lebih dulu populer dan dikenal para gamers. Namun setelah game mobile semakin populer, akhirnya banyak pengembang game yang beralih membuat versi mobile di Android dan iOS

Beberapa game MOBA versi mobile yang kemudian sangat populer dan banyak dimainkan seperti misalnya Mobile Legends dan juga AOV, yang hingga kini juga masih sangat digandrungi para gamers.

Game MOBA Android dan iOS kini lebih banyak disukai, karena lebih praktis dimainkan di smartphone, ketimbang harus memainkan game MOBA PC di perangkat komputer yang tidak bisa dimainkan secara mobile.

Buat kamu yang penasaran dengan game MOBA Android atau iPhone, kami ada beberapa rekomendasi game MOBA games yang bisa kalian mainkan. Total, ada 12 rekomendasi game MOBA terbaik yang akan kami berikan.

Baca juga: Kumpulan Cheat GTA San Andreas PC dan PS2 Lengkap

Nah, bagi kalian yang merasa bosan main Mobile Legends di Android atau iOS, tim Telset akan kasih rekomendasi game MOBA yang tak kalah seru untuk dimainkan. Berikut daftar rekomendasinya:

1. Pokemon Unite

Rekomendasi game MOBA Android terbaru berikutnya adalah Pokemon Unite. Game Pokemon Unite adalah game yang dikembangkan oleh The Pokemon Company dan TiMi Studios. Dalam game ini kamu akan berperan sebagai trainers atau pelatih pokemon, dan melakukan pertarungan tim 5 lawan 5 di Pulau Aeos.

Tugas kamu adalah membunuh pokemon lawan dan mengumpulkan pokeball atau bola poin. Tim yang menang adalah yang berhasil mencetak poin terbanyak dalam waktu yang ditentukan.

Pokemon Unite menghadirkan berbagai fitur menarik untuk para pemain. Misalnya adanya dukungan lintas platform, dan kemampuan penautan akun di perangkat HP dan Nintendo Switch.

2. Lokapala

Selanjutnya ada game buatan Indonesia bernama Lokapala. Game MOBA ini tersedia di Android dan iOS.

Lokapala adalah game MOBA pertama yang sepenuhnya dikembangkan di Indonesia dan terinspirasi dari mitologi, sejarah, dan budaya Indonesia. Dalam game ini, pemain dapat berperang 5 lawan 5 yang seru bersama teman atau pemain lain.

Secara garis besar, gameplay dari permainan ini tidak jauh berbeda dengan game online MOBA lainnya yang lebih dulu populer, seperti Mobile Legends atau Arena of Valor.

Baca juga: 15 Game PC Paling Seru yang Bisa Dimainkan di Android

Lokapala berasal dari Bahasa Sanskerta yang artinya pelindung dari jagat (the guardians of realm). Game ini punya beberapa fitur menarik yang pastinya akan membuat pemain betah untuk memainkannya, seperti Yantra System, Rank System, Shop, Rakshasa, Ganking Lane, Vahana, dan The Ancient One.

Hal yang jadi pembeda antara Lokapala dengan MOBA sejenis, terletak pada fitur Rakshasa dan Ganking Lane yang bisa dijadikan strategi comeback ataupun alternatif strategi.

3. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang

Diurutan pertama sudah pasti kami akan menempatkan Mobile Legends: Bang Bang, menjadi game MOBA terbaik dan terpopuler dan paling banyak digandrungi para gamers saat ini.

Game yang pertama kali dirilis tahun 2016 ini sangat digemari berbagai kalangan karena untuk bisa memainkannya tidak perlu menggunakan ponsel dengan spesifikasi tinggi. Bahkan dengan “HP kentang” pun bisa dimainkan dengan lancar.

Baca juga: 15 Game Sniper Terbaik Android, Seru Jadi Penembak Jitu

Sama seperti MOBA games lainnya, ML juga menggunakan konsep 5V5 yang cukup menarik. Para pemain harus bekerja sama dengan baik menghancurkan setiap turret lawan yang berada di tiga line. Selain itu, ada peta yang berfungsi untuk mengetahui posisi setiap lawan. Banyak hero-hero baru yang terus dirilis, membuat ML makin seru dimainkan.

4. Arena of Valor (AOV)

Arena of Valor

Bisa dibilang Arena of Valor (AoV) merupakan salah satu game MOBA yang menjadi “pesaing” berat Mobile Legends. AoV hadir dengan berbagai mode yang bisa dimainkan. Mulai dari lima lawan lima, tiga lawan tiga, hingga yang lebih menantang, satu lawan satu.

Tersedia beragam hero yang bisa kamu andalkan untuk memenangkan permainan. Hero-hero ini memiliki skill dan keunggulan yang berbeda-beda. Sehingga pemilihan hero ini juga bisa menentukan jalannya pertandingan.

Baca juga: AOV Kolaborasi dengan Anime Bleach, Hadirkan Skin Eksklusif Ichigo

Serupa dengan Mobile Legends, AoV juga menyediakan tambahan item kustomisasi berupa skin yang bisa didapatkan secara gratis atau melalui pembelian dalam aplikasi. Game ini bisa didownload di Play Store dan juga App Store.

5. Vainglory

Vainglory

Game satu ini bisa dibilang menjadi salah satu game MOBA pertama yang hadir di perangkat mobile. Awalnya, Vainglory mempertemukan 3v3 dalam satu lane (jalur) yang sama. Seiring berjalannya waktu, mereka mengikuti lainnya yang hadir 5v5 dengan tiga lane berbeda sebagai arena pertarungan.

Grafis dan animasi yang ditawarkan juga cukup memanjakan mata. Bahkan bisa dibilang lebih unggul dari Mobile Legends. Tentu ini bisa menjadi nilai lebih bagi Anda yang menganggap urusan visual dari sebuah game sangatlah penting.

Vainglory juga memiliki banyak hero dengan kemampuan yang beragam. Anda bisa mencoba beragam hero yang nantinya bisa dijadikan andalan untuk meruntuhkan base lawan. Game ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

6. League of Legends

MOBA games berikutnya adalah League of Legends atau biasa dikenal dengan sebutan LOL. Game pesaing terberat Dota 2 ini memang tidak terlalu populer di Indonesia. Tapi game yang dikembangkan developer Riot Games ini sangat populer di Eropa dan Amerika Utara.

Baca Juga: Panduan Bermain LOL Wild Rift

Meski sebelumnya sudah populer sebagai game MOBA versi PC, tapi Riot Games sudah merilis versi mobilenya bernama League of Legends: Wild Rift di Android dan iOS. Meski sekilas mirip seperti game-game MOBA mobile lainnya, Wild Rift memiliki beberapa hal yang membuatnya berbeda.

Di game ini kalian bisa memiliki beragam skill sets, rules, item skill dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari dan dipahami dalam gamenya. Pemain diharuskan menghancurkan base musuh, dari team 5v5 yang dibuat dari awalnya dengan beragam hero.

7. Marvel Super War

Marvel Super War

Ini adalah MOBA games yang dihadirkan oleh Marvel. Di sini kamu akan bisa bertarung 5v5 dengan menggunakan karakter superhero ataupun villain ikonik dari Marvel Universe. Selain gameplay yang seru khas MOBA, kamu juga bisa memainkan superhero Marvel.

Di sini kalian bisa menemukan Iron Man, Hulk, Thor, Ant-Man, hingga Roket Racoon, untuk kamu jadikan jagoan menghancurkan base lawan. Grafis yang ditampilkan juga cukup menarik. Apalagi saat para pahlawan super ini mulai mengeluarkan skill khas yang mereka miliki.

Marvel Super War ini Cocok buat kamu yang ingin mencoba rekomendasi game MOBA terbaik selain Mobile Legends. Game ini bisa didownload di Play Store dan App Store.

8. Bug Heroes 2

Berikutnya ada game MOBA yang cukup unik, namanya Bug Heroes 2. Kami bilang unik karena di game ini kalian akan diminta untuk mengangkat serangga-serangga yang biasa ada di rumah sebagai karakter utama dalam game.

Bug Heroes 2 memiliki gameplay yang masih mirip dengan seri sebelumnya. Kalian akan bertempur melawan serangga lain yang menyerang sambil membangun benteng pertahanan serta melengkapi persenjataan.

MOBA games ini memiliki tiga mode yang bisa dimainkan, yaitu mission, endless, dan skirmish. Setiap mode menawarkan sensasi permainan berbeda dan punye keseruan masing-masing. Kamu juga bisa melawan para pemain dari berbagai negara. Seru banget kan.

Sedikit berbeda dengan yang lainnya, Bug Heroes 2 menjadi salah satu game MOBA offline yang bisa dimainkan tanpa koneksi internet.

9. Onmyoji Arena

Onmyoji Arena

Buat kamu yang suka MOBA games dan anime Jepang, Onmyoji Arena menjadi salah satu rekomendasi game MOBA yang tidak boleh dilewatkan. Berbeda dengan game MOBA lainnya, Onmyoji Arena hadir dengan karakter khas anime-anime buatan Jepang.

Begitu juga dengan berbagai detail lainnya yang membuat nuansa Negeri Sakura terasa sangat kental di game besutan developer bernama NetEase ini. Banyak yang memuji kualitas grafis dari Onmyoji Arena, karena apa yang disajikan layak mendapat pujian.

Onmyoji Arena menawarkan alternatif game MOBA Android dan iOS yang berbeda dari game lainnya. Pastinya sangat sayang jika game satu ini dilewatkan begitu saja, bukan.

10. Shellfire

Shellfire

Shellfire menjadi salah satu rekomendasi MOBA yang tampil beda. Jika game kebanyakan menggunakan sudut pandang third person, Shellfire justru menyajikannya dalam bentuk first-person shooter atau FPS.

Game yang dirilis oleh Telkomsel di Indonesia ini menggabungkan game MOBA dengan tembak-tembakan ala game FPS. Shellfire bisa menjadi solusi buat kamu yang bosan dengan MOBA yang itu-itu saja.

Selain menawarkan pertarungan 5v5, Shellfire juga punya mode pertempuran lainnya, seperti Capture Point dan Death Match. Bahkan jika kamu bosan dengan MOBA, kamu tidak perlu berganti game karena Shellfire juga menyediakan mode battle royale.

Baca juga: Game Android Dewasa Khusus 18+

11. Heroes Evolved

Heroes Evolved

Game MOBA terbaik selanjutnya adalah Heroes Evolved, yang memiliki gameplay cukup menarik dan seru untuk dimainkan. Game besutan R2Games ini memiliki konsep serupa dengan game pendahulunya, di mana kamu akan bertarung di tiga garis dengan masing-masing lima hero untuk menghancurkan turret utama yang berada di garis tengah.

Meski mirip dengan game MOBA Android lainnya, tapi game ini sangat menantang untuk bisa kamu taklukkan, karena memiliki tantangan yang cukup berbeda dengan adanya fitur fog of war yang tidak dimiliki oleh musuh.

12. Plants War 2

Plants War 2 sangat disukan para penggemar game MOBA, karena game ini tidak menyedot banyak memori ponsel. Tampilannya sangat sederhana, tapi tetap seru untuk dimainkan. Konsepnya sama seperti League of Legends dan Dota.

Plants War 2 menggunakan tanaman sebagai karakter dalam permainan. Game ini juga dilengkapi dengan banyak karakter yang memiliki kemampuan yang cukup unik. Kalian harus mencobanya, karena asyik banget untuk dimainkan.

Itulah tadi 10 game MOBA terbaik yang kami rekomendasikan untuk kalian mainkan. Sekarang waktunya untuk mencobanya. Selamat bermain. (HLM/FHP)

Leave a Comment