Pasar Game Digital Steam Terusik WeGame, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Dominasi penjualan game digital oleh Steam kembali terusik. Bukan dari Epic Store Games, melainkan oleh platform serupa asal China, yaitu WeGame milik perusahaan besar Tencent.

Menurut laporan Engadget, Tencent diam-diam telah membuka akses layanan WeGame ke berbagai negara.

Itu artinya, layanan penjualan game digital tersebut sekarang dirilis untuk global, bukan hanya di China seperti selama ini.

Kabarnya, Tencent menggunakan layanan server yang ada di Hong Kong untuk merilis versi global dengan nama WeGame X. Namun dalam peluncurannya, layanan ini masih bisa dibilang sedang dalam tahap early access.

{Baca juga: Game Online Bikin Saham Tencent Melesat}

Ini dari versi China yang sudah menyediakan banyak game terutama game buatan developer dan studio negaranya. WeGame X masih berisi 17 gam. Disebutkan bahwa game tersebut merupakan game buatan developer indi asal China.

Untuk fitur, disebutkan sebagian besar sudah serupa seperti di layanan Steam. Misalnya bagian ulasan, genre tag, mode offline untuk beberapa game dan layanan penyimpanan progres permainan di layanan cloud.

WeGame X dilihat sebagai cara bagi industri game China untuk bisa berjaya tidak hanya di dalam negaranya. WeGame dikabarkan sudah memiliki basis pengguna sebesar 200 juta pengguna di negaranya.

{Baca juga: Begini Cara Main PUBG Mobile di PC Pakai Tencent Gaming Buddy}

Nantinya, game buatan developer China yang disudah dibuat versi globalnya bisa tersedia di WeGame X. Sebelumnya, layanan Steam sangat menguasai bisnis distribusi game berformat digital. Sebagian besar publisher game menyediakan game mereka untuk dijajakan lewat Steam. [BA/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here