Ada Iklan di One UI, Pengguna HP Samsung ‘Ngambek’ di Medsos

Telset.id, Jakarta – Pengguna HP Samsung dibuat gerah setelah mereka menemukan adanya iklan di ponsel pintar mereka yang berjalan di atas One UI terbaru. Munculnya iklan di One UI dialami sejumlah pengguna Samsung di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lainnya.

Keluhan ini disampaikan para pengguna di forum Reddit. Dilansir Telset.id dari Android Police, Senin (15/06/2020), iklan di HP Samsung yang berjalan di One UI muncul di mana-mana. Mulai dari aplikasi cuaca, musik, hingga aplikasi kesehatan.

Yang bikin makin menjengkelkan, iklan di One UI yang muncul bukan iklan yang menampilkan teks berukuran kecil saja. Iklan yang keluar memiliki ukuran besar, disertai gambar, dan mengambil alih hampir sepertiga layar ponsel.

{Baca Juga: Cerita di Balik Pengembangan One UI 2}

Ditambah lagi, iklan-iklan ini muncul di smartphone flagship, seperti Galaxy S20, Galaxy Note 9, dan Galaxy Note 10. Padahal pengguna sudah mengeluarkan kocek yang tidak murah untuk membeli smartphone tersebut.

Jika iklan muncul di smartphone entry-level, mungkin bisa sedikit dimaklumi. Mereka menyayangkan iklan itu muncul di seri smartphone flagship.

Beberapa seri Galaxy memiliki opsi untuk mematikan informasi pemasaran di halaman privasi. Tetapi banyak yang melaporkan tetap mendapati iklan, walaupun opsi tersebut sudah dimatikan.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Sayangnya hingga berita ini diterbitkan, pihak Samsung belum memberikan tanggapan apapun. Selain itu, tidak semua pengguna Samsung melaporkan mendapati iklan di HP One UI mereka. Mungkin saja, hal ini tergantung di daerah mana pengguna berada.

One UI merupakan software user interface baru yang dikembangkan Samsung untuk perangkat smartphone bikinannya. One UI merupakan cara Samsung untuk mengubah sistem operasi Android-nya agar dapat sesuai dengan smartphone masa kini yang rata-rata memiliki layar berukuran besar.

Menurut Senior UX Designer Samsung, Jee Won Lee, One UI memiliki beberapa ubahan tampilan di dalamnya.

{Baca Juga: One UI, Cara Samsung Maksimalkan Tampilan di Smartphone Besarnya}

Seperti, sudut-sudut yang lebih membulat untuk menyesuaikan dengan layar Infinity Display Samsung, ornamen sistem yang lebih berwarna, dan ikon aplikasi yang didesain ulang.

Samsung juga mengubah area interaksi utama aplikasi atau pengaturan tertentu pada One UI menjadi di bagian bawah layar. Jadi, Samsung memisahkan antara area informasi aplikasi yang ditempatkan di bagian setengah atas layar, sementara area interaksi mencakup setengah bagian bawah layar. (HR/MF)

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -