Categories: GAMES

Gokil! Modder Ini Bikin GTA V Bisa Dimainkan di Game Boy

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – Modder memang memainkan peran penting dalam industri game. Mulai dari melakukan optimasi dalam sebuah game agar lebih bisa dinikmati, hingga membuat sebuah game bisa dimainkan di perangkat yang tidak seharusnya. Seperti seorang modder yang membuat game GTA V bisa dijalankan di sebuah konsol Game Boy.

Tentunya ini merupakan hal yang luar biasa. Sebagai informasi, GTA V sebenarnya hanya tersedia untuk PC, Xbox PS3, PS4 dan PS5, alias perangkat game masa kini. Sementara Classic Game Boy merupakan konsol game portable yang dirilis pada tahun 1989.

Adalah Sebastian Staacks, seorang coder dan modder yang memungkinkan game sekaliber GTA V bisa dimainkan di Game Boy.

Baca Juga: Penjualan GTA V Tembus 145 Juta Copy

Dalam channel YouTube-nya, Staacks memperlihatkan kemampuannya membuat game GTA V dan Doom dapat dimainkan di perangkat klasik Game Boy yang dibuat oleh Nintendo.

“Beberapa minggu yang lalu saya membuat kartrid Game Boy dengan WiFi bawaan. Sekarang saya mengajarkannya untuk streaming video dan bermain game—dalam resolusi penuh. Pada 20fps. Pada Game Boy asli yang tidak dimodifikasi,” jelasnya.

Bagikan Proses Teknisnya di YouTube

Tidak hanya memperlihatkan dirinya yang berhasil memainkan GTA V di Game Boy, ia juga membagikan proses rangkaian proses teknisnya.

Tetapi karena keterbatasan teknis dan perangkat keras dari Game Boy, terlihat GTA V bisa dimainkan di game boy tersebut dengan cukup lancar. Walaupun tetap dalam visual ala Game Boy dengan warna hijau dan grafik 8 bit.

Baca Juga: Cheat GTA 5 Terbaru

Selain GTA V, Staacks juga berhasil menjalankan game terkini lainnya seperti Doom dan juga Crysis.

Dia menambahkan bahwa “Dengan demo baru ini, banyak demo lain yang hampir menjadi usang. Itu dapat menampilkan apa saja dan saya dapat mengontrol apa pun yang dapat ditampilkan dan dikendalikan oleh PC saya.

“Tentu saja, antarmuka dan gambar hampir tidak dapat digunakan dengan cara ini, jadi beberapa implementasi khusus mungkin masih menarik,” sambungnya.

Baca Juga: Nenek 90 Tahun yang Jago Main GTA V

Sayangnya menurut Staacks, ia tidak menyentuh sektor audio untuk mengembangkan projek ini. Sehingga audio dalam game tidak dapat didengar.

“Saya tidak menyentuh audio di sini, yang sayangnya merupakan kesalahan besar saya saat mendesain kartrid ini,” pungkasnya. (HR/HBS)

Leave a Comment