Fortnite Tak Lagi Mendukung Cross Platform iOS dan Mac

Fortnite iOS

Telset.id, Jakarta Game Fortnite tidak lagi mendukung sistem operasi iOS dan Mac. Epic Games mengonfirmasi telah melakukan pembaruan untuk permainan tersebut.

Dalam pengumumannya, Epic Games memastikan bahwa game Fortnite tak akan lagi bisa cross platform atau lintas-platform dengan perangkat iOS dan Mac. Bagaimana itu bisa terjadi?

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Sabtu (29/08/2020), ketika pertengkaran antara Apple dan Epic Games semakin dalam, para gamer Fortnite menggunakan perangkat di iOS dan Mac menjadi korban utama.

Informasi menyebut bahwa Epic Games menyampaikan konfirmasi bahwa dalam pembaruan yang segera hadir, permainan Fortnite tidak akan lagi kompatibel lintas-platform dengan perangkat iOS dan Mac.

Pembaruan itu akan memperkenalkan musim baru. Nah, mengingat Fortnite tidak lagi tersedia di App Store, gamer yang bermain di perangkat Apple tidak akan dapat bermain dengan teman di platform lain.

Dengan kata lain, gamer iOS dan Mac memang tetap dapat terus bermain Fortnite satu sama lain, tetapi tidak dapat bergabung dengan pertandingan yang dimainkan oleh pemain-pemain lain di perangkat selain buatan Apple.

“Apple meminta Epic Games mengembalikan Fortnite untuk menggunakan pembayaran secara eksklusif. Proposal mereka merupakan undangan bagi kami untuk berkolusi dengan monopoli,” kata Epic Games.

Epic Games tidak ingin terlibat dalam praktik yang menekan persaingan pasar bebas dan menaikkan harga. Pada prinsipnya, Epic Games tidak akan berpartisipasi dalam skema pembayaran eksklusif milik Apple.

Namun, perlu dicatat bahwa karena akun Fortnite disinkronkan di seluruh perangkat, Anda masih dapat memainkan game dan melanjutkan perkembangan, pencapaian, dan mengakses item di PC atau konsol.

“Ditendang” Gara-gara Sistem Pembayaran

Fortnite dihapus dari platform iOS setelah pembuat game meluncurkan sistem pembayaran di dalam aplikasi. Langkah yang diambil Apple sontak memunculkan perselisihan di komisi aplikasi antara perusahaan dan pencipta Fortnite, Epic Games.

Alhasil, Epic Games pun langsung menggugat Apple. Sebab, langkah yang diambil Apple itu secara efektif melarang unduhan baru Fortnite ke perangkat iPhone atau iPad.

{Baca juga: Gara-gara Sistem Pembayaran, Fortnite ‘Ditendang” dari App Store}

Sekadar informasi, Epic Games memang meluncurkan sistem pembayaran langsung. Berkat ini, pengguna yang memilih untuk membayar ke Epic Games akan menerima diskon 20 persen untuk pembelian aplikasi.

Namun, Apple membebankan komisi 30 persen kepada pengembang untuk pembelian dalam aplikasi. Apple juga membatasi pemberitahuan tentang opsi pembelian yang lebih murah.

SOURCEUbergizmo
Previous articleSatelit Tangkap Momen saat Badai Laura Hantam Louisiana
Next articleInilah Calon Astronot Wanita Kulit Hitam Pertama di ISS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here