Zoom Gratis Video Call Tanpa Batasan Waktu Selama Liburan

Telset.id, Jakarta  – Platform video chat paling populer, Zoom, telah mengumumkan akan menyetop sementara batas durasi panggilan 40 menit. Kabar bagusnya, pelanggan akan diberikan gratis video call Zoom selama periode liburan Natal dan Tahun Baru.

Biasanya, hanya pengguna Zoom berbayar yang diizinkan untuk bisa mengakses panggilan video dengan durasi tidak terbatas. Sedangkan video call Zoom gratis harus terputus setelah 40 menit.

{Baca juga: Cegah “Zoombombing”, Google Meet Blokir Pengguna Anonim}

Sekarang, pengguna yang tidak berbayar akan dapat melakukan panggilan tak terbatas selama liburan. Namun demikian, Zoom memberlakukan hari khusus bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan Zoom tanpa batas waktu.

Dilansir New York Post, seperti dikutip Telset, Selasa (22/12/2020), Zoom telah menyiapkan waktu untuk video call pada 23 Desember 2020 hingga 26 Desember 2020, serta 30 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021.

“Kami hadir dengan memberikan layanan istimewa untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Mereka yang merencanakan berkomunikasi dengan teman dan keluarga tidak akan terputus,” kata juru bicara Zoom.

Popularitas Zoom meroket sejak Maret 2020. Maklum, sekolah, bisnis, hingga kelompok baca buku beralih ke layanan Zoom karena pandemi virus corona telah membuat orang tidak bisa berkumpul langsung.

{Baca juga: Layanan Enkripsi Zoom Mulai Diluncurkan Jadi Lebih Aman}

Pesaing Zoom, Google Meet, juga telah menangguhkan sementara batas panggilan 60 menit hingga Maret 2021. Sayang, Microsoft Teams dan Cisco’s Webex belum mencabut batas waktu layanan obrolan video.

Sebelumnya, Zoom mulai meluncurkan layanan enkripsi end-to-end kepada seluruh pengguna gratis dan berbayar. Layanan enkripsi Zoom ini hadir supaya aktivitas video conference di Zoom jadi lebih aman.

Pengguna dapat mengaktifkan layanan baru ini untuk versi desktop di PC, Android situs Zoom mulai hari ini serta segera hadir di iOS.

Layanan enkripsi harus diaktifkan secara manual dan semua peserta rapat harus kompak mengaktifkan layanan ini supaya keamanan rapat semakin maksimal.

{Baca juga: Kembangkan Layanan Enkripsi, Zoom Akuisisi Keybase}

Pengguna akan tahu kalau layanan aktif ketika muncul ikon perisai hijau di kiri atas layar. Saat ini enkripsi Zoom masih dalam pratinjau teknis dan perusahaan berharap pengguna akan memberikan masukan tentang fitur tersebut selama 30 hari ke depan.

Namun, setidaknya pada tahap pertama enkripsi akan memblokir fungsi tertentu, seperti fitur transkripsi langsung. Apakah Anda sudah mencobanya? [SN/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -