Layanan Enkripsi Zoom Mulai Diluncurkan Jadi Lebih Aman

Enkripsi Zoom

Small toy figures are seen in front of diplayed Zoom logo in this illustration taken March 19, 2020. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Telset.id, Jakarta – Zoom mulai meluncurkan layanan enkripsi end-to-end kepada seluruh pengguna gratis dan berbayar. Layanan enkripsi Zoom ini hadir supaya aktivitas video conference di Zoom jadi lebih aman.

Dilansir Telset dari Engadget pada Selasa (27/10/2020), informasi ini diumumkan Zoom melalui blog resmi dan juga Twitter resmi Zoom yakni @zoom_us.

Pada blog dan Twitter, Zoom mengumumkan kalau fitur enkripsi telah tersedia secara global kepada pengguna gratis dan berbayar.

{Baca juga: Zoom Rilis Fitur Otentikasi Dua Faktor, Diklaim Lebih Aman}

“Fitur enkripsi end-to-end (E2EE) kami yang baru sekarang tersedia untuk pengguna secara global, gratis dan berbayar,” cuit @zoom_us.

Pengguna dapat mengaktifkan layanan baru ini untuk versi desktop di PC, Android situs Zoom mulai hari ini serta segera hadir di iOS.

Layanan enkripsi harus diaktifkan secara manual dan semua peserta rapat harus kompak mengaktifkan layanan ini supaya keamanan rapat semakin maksimal.

{Baca juga: Kembangkan Layanan Enkripsi, Zoom Akuisisi Keybase}

Pengguna akan tahu kalau layanan aktif ketika muncul ikon perisai hijau di kiri atas layar. Saat ini enkripsi Zoom masih dalam pratinjau teknis dan perusahaan berharap pengguna akan memberikan masukan tentang fitur tersebut selama 30 hari ke depan.

Namun, setidaknya pada tahap pertama enkripsi akan memblokir fungsi tertentu, seperti fitur transkripsi langsung.

Sekedar informasi, langkah Zoom untuk menghadirkan enkripsi di aplikasi mereka bermula dengan mengakuisisi perusahaan keamanan dan privasi Keybase.

Akusisi tersebut bertujuan untuk mengembangkan layanan enkripsi end-to-end di layanan video conference mereka.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Jumat (08/05/2020), CEO Zoom Eric Yuan menyatakan jika akuisisi Keybase adalah rencana mereka untuk membangun enkripsi end-to-end demi keamanan privasi pengguna Zoom.

“Keybase menghadirkan keahlian enkripsi dan keamanan yang mendalam ke Zoom. Membawa sekelompok insinyur keamanan yang kohesif seperti ini secara signifikan memajukan rencana 90 hari kami untuk meningkatkan upaya keamanan kami,” kata Eric.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2020}

Keybase memberikan kontribusi penting bagi rencana 90 hari untuk secara proaktif mengidentifikasi, mengatasi, dan meningkatkan kemampuan keamanan dan privasi platform.

Tim diketuai oleh pendiri Keybase yaitu Max Krohn dan secara rutin Max akan memberikan perkembangan terbaru mengenai pengembangan keamanan kepada Yuan. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here