APPS

Saingi TikTok, Pengguna Bulanan YouTube Shorts Tembus 1,5 Miliar

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – YouTube Shorts berhasil menyaingi TikTok dalam hal jumlah pengguna bulanan. Menurut laporan, pengguna bulanan platform itu mencapai 1,5 miliar.

YouTube Shorts merupakan platform pertama yang sejauh ini mampu menyamai TikTok dalam hal jumlah pengguna. Facebook pernah mencoba, tapi gagal.

Seperti dikutip Telset.id  dari Mashable pada Kamis (16/6/2022), perusahaan mengumumkan bahwa platform Shorts mempunyai lebih dari 1,5 miliar pengguna per bulan.

BACA JUGA:

YouTube bahkan membagikan statistik Shorts. Dan benar, jumlah pengguna bulanan yang saat ini menonton konten Shorts berhasil menyaingi TikTok.

Sebagai perbandingan, TikTok telah mencapai satu miliar pengguna bulanan pada September 2021. Tahun ini, TikTok belum membagikan metrik ke umum.

Meski ada keyakinan bahwa TikTok kini memiliki basis pengguna lebih besar, Shorts tetap menjadi ancaman serius untuk menggerus popularitasnya.

“Shorts benar-benar laris. Lebih dari 1,5 miliar pengguna melakukan login setiap bulan,” demikian pernyataan Chief Product Officer YouTube, Neal Mohan.

“Meskipun masih di awal perjalanan, kami tahu bahwa Shorts akan terus menjadi bagian integral dari pengalaman YouTube pada masa depan,” katanya.

Sekadar informasi, Shorts hadir di Amerika Serikat pada Maret 2021. Empat bulan setelahnya atau pada Juli 2021, Shorts hadir di semua negara di seluruh dunia.

Tidak seperti Facebook, yang mempunyai aplikasi serupa bernama Lasso, YouTube membuat Shorts tidak terpisah. Shorts menjadi satu bagian dengan YouTube.

Basis pengguna bawaan YouTube berjumlah miliaran membantunya tumbuh dan berkembang cepat. Namun, sepertinya, Shorts sekarang punya pengguna sendiri.

“Fakta yang sekarang kami lihat, para pembuat konten menjadi inovatif. Mereka menggunakan berbagai format di platform Shorts,” tambah Mohan.

BACA JUGA:

Beberapa YouTuber seperti Rosanna Pansino mengatakan bahwa penayangan video jadi meningkat dua kali lipat sejak membuat Shorts secara teratur.

TikTok tampaknya juga melihat YouTube sebagai pesaing nomor satu. Platform ini tahu bahwa Shorts sudah menemukan cara untuk berbisnis di video pendek. Bahkan, Facebook juga serius dengan menghadirkan Reels guna menyaingi TikTok. Akankah Shorts bakal benar-benar menggeser TikTok di ranah aplikasi video pendek? [SN/IF]

Leave a Comment