telset

YouTube Originals Tutup Setelah 6 Tahun Beroperasi

Telset.id, Jakarta – YouTube Originals tutup layanan setelah beroperasi selama 6 tahun dengan menghasilkan banyak konten video eksklusif kepada penggunanya. Kabar ini diungkapkan langsung oleh Chief Business Officer YouTube, Robert Kyncl.

Melalui surat resmi perusahaan, Robert menyatakan bahwa tutupnya YouTube Originals karena perusahaan ingin fokus ke program lain, seperti Creator Short Fund, Black Voices Fund, dan Live Shopping.

“Dengan pertumbuhan yang cepat, muncul peluang baru dan sekarang investasi kami dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi banyak kreator jika diterapkan ke inisiatif lain,” kata Robert dalam surat resminya.

Selain itu, YouTube Originals tutup layanan karena Global Head of Originals, Susanne Daniels, mengundurkan diri per tanggal 1 Maret 2022 mendatang. Susanne selama ini memimpin divisi YouTube Originals.

“Secara terpisah Susanne telah memutuskan untuk meninggalkan YouTube dan hari terakhirnya adalah 1 Maret 2022. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas visi, kreativitas, dan kepemimpinannya,” ungkap Robert.

Baca juga: YouTube Uji Coba Fitur Download Video Otomatis

Kedua faktor itu yang membuat Originals akhirnya tutup. Rencananya penutupan dilakukan secara bertahap. Selain itu, YouTube akan tetap berkomitmen terhadap kontrak dan proyek video yang sedang berjalan.

“Faktor-faktor ini berkontribusi pada keputusan kami untuk mengurangi daftar Originals kami. Ke depannya, kami hanya akan mendanai program yang merupakan bagian dari Black Voices dan YouTube Kids Funds kami,” jelas Robert.

“Kami menghormati komitmen kami untuk acara yang sudah dikontrak yang sedang berlaku, dan pembuat konten yang terlibat di acara tersebut,” tambahnya.

Terakhir Robert mewakili perusahaan mengucapkan terima kasih atas kontribusi konten kreator yang membantu dalam pembuatan konten-konten Originals.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Anda para pembuat konten karena telah bermitra dengan kami untuk membuat cerita yang inovatif dan inspiratif,” tutup Robert.

Baca juga: 10 YouTuber Terkaya Indonesia 2022

Sekadar informasi, YouTube Originals dibuat pada tahun 2016. Sesuai namanya, Originals hadir merupakan sebuah kanal berisi konten-konten eksklusif yang hanya bisa dilihat di YouTube.

Sayangnya Originals tidak bertahan lama. Di tahun ke-6, YouTube memutuskan untuk menutup kanal tersebut secara bertahap. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0