telset

YouTube Uji Coba Fitur Download Video Otomatis untuk HP Android

Telset.id, Jakarta – YouTube dikabarkan sedang uji coba fitur download video otomatis ke HP Android, untuk menyimpan video favorit ketika perangkat terhubung ke jaringan WiFi. Fitur ini menjadi sebuah peningkatan dari fitur nonton video YouTube secara offline yang dirilis platform buatan Google tersebut.

Menurut laporan 9to5Google, seperti dikutip Telset pada Minggu (16/1/2022), kemampuan ini diberikan YouTube kepada pengguna YouTube Premium di HP Android agar dapat download puluhan video secara otomatis.

​Fitur bernama Smart Downloads ini mampu mengunduh video secara otomatis saat perangkat Android terhubung ke WiFi. Fitur Smart Downloads bisa menyimpan 20 video yang direkomendasikan.

Baca juga: Daftar 10 Video Paling Trending di YouTube

Dalam proses uji coba, fitur Smart Downloads akan muncul menu Library. Lalu pengguna tinggal mengetuk ikon fitur tersebut dan video YouTube akan tersimpan secara otomatis setiap minggunya. Uji coba dilakukan di oleh pengguna di Eropa sampai dengan 14 Februari 2022.

Download video YouTube Offline HP Android
Tampilan fitur Smart Download

Sekadar informasi, kalau fitur Smart Downloads sudah tersedia di YouTube Music. Fungsinya hampir sama di mana yakni mampu download lagu dan video YouTube secara otomatis ke penyimpanan HP Android agar pengguna bisa nonton atau mendengarkan secara offline.

Setelah fitur Smart Downloads diaktifkan, aplikasi akan secara otomatis mengunduh konten berdasarkan riwayat lagu yang didengarkan sebelumnya. Untuk mempertahankan unduhan, pengguna disarankan untuk menyambung perangkat HP kembali ke WiFi setidaknya sebulan sekali agar unduhan tidak terhapus.

YouTube Luncurkan Fitur Listening Controls 

Sebelumnya YouTube baru saja meluncurkan fitur Listening Controls, memberikan kemudahan untuk memutar video di dalam aplikasi.

Listening Controls adalah widget yang berada di bawah video. Fitur terbaru YouTube Premium ini menawarkan kontrol untuk memutar dan menjeda video, pergi ke video berikutnya atau beralih kembali ke yang sebelumnya.

Fitur Download YouTube
Fitur Listening Controls

Bukan hanya itu, pengguna juga bisa memutar maju, atau mundur video sebesar 10 detik. Kalau pengguna menyukainya, mereka bisa memberikan tanda like dan memasukkan video ke dalam daftar putar.

Baca juga: YouTube Premium Tambahkan Fitur Listening Controls

Fitur Listening Controls tersedia untuk pengguna YouTube Premium di Android dan iOS, tetapi sayangnya baru tersedia di Amerika Serikat saja. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0