telset

Mirip Spotify, YouTube Music Bisa Didengarkan Versi Audio

Telset.id, Jakarta – YouTube Music sepertinya mulai berubah menjadi layanan streaming audio seperti Spotify. Bulan depan, pengguna Music gratis bisa lebih hemat kuota, karena bisa mendengarkan lagu favorit mereka dalam versi audio atau hanya suara saja.

Dilansir Telset dari Gadget NDTV pada Jumat (22/10/2021), selama ini pengguna gratis YouTube Music dan pengguna premium mendengarkan lagu dalam versi video.

Hal ini membuat tidak ada perbedaan yang mencolok antara kedua jenis pengguna tersebut. Untuk itu, YouTube Music mengumumkan sedikit perubahan pada layanannya.

Melalui postingan di forum komunitas, YouTube mengumumkan bahwa video di YouTube Music akan eksklusif bagi pelanggan premium. Sedangkan untuk pengguna YouTube Music gratis, mereka hanya bisa mendengarkan lagu dalam versi audio saja.

Baca juga: Dengar YouTube Music Bisa Lewat Google Maps

Selain itu pengguna gratis juga tidak bisa memilih musik, sesuai permintaan dan melompat dari satu lagu ke lagu lainnya.  

Sebagai gantinya, YouTube Music memberikan kesempatan pengguna untuk mendengarkan lagu secara acak dan disertai iklan.

Rencananya fitur akan hadir mulai tanggal 3 November 2021. Di tanggal yang sama, YouTube Music juga menghadirkan fitur pemutar di latar belakang bagi pengguna gratis. Fitur ini bisa streaming, walau aplikasi ditutup dan layar HP mati.

Sayangnya, kedua fitur tersebut baru dirilis di Kanada saja pada bulan depan. Belum jelas kapan fitur tersebut akan diluncurkan secara global. 

Terlepas dari kapan fitur diluncurkan secara global, kedua fitur untuk pengguna gratis ini membuat YouTube Music semakin mirip dengan Spotify. Pasalnya, kedua fitur tersebut sudah ada sejak lama di Spotify.

Baca juga: Spotify Hadirkan Fitur Baru Music + Talk 

Keunggulan ini membuat Spotify menjadi salah satu aplikasi streaming terbaik, karena menawarkan layanan yang praktis. Pengguna bisa mendengarkan lagu dan podcast dalam format audio, sambil beraktivitas seperti bekerja atau olahraga.

Dengan adanya kemiripan fitur tersebut membuat persaingan di industri streaming audio semakin panas. Jadi patut ditunggu bagaimana inovasi yang diberikan Music, Spotify, Apple Music dan aplikasi streaming lainnya untuk kenyamanan pengguna. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0