Cara Menghapus History di YouTube secara Otomatis

Telset.id, Jakarta – Setiap aktivitas yang Anda lakukan di YouTube, tersimpan di fitur History atau riwayat tontonan. Namun, apabila dirasa kurang nyaman dengan data tersebut, terdapat cara menghapus history di YouTube bahkan bisa menghapusnya secara otomatis. Bagaimana caranya?

YouTube menyediakan berbagai jenis video, sehingga dalam sehari Anda bisa streaming video dari berbagai judul dan genre. Lalu semua aktivitas di YouTube, semuanya terekam di fitur history atau riwayat tontonan.

YouTube mengingat setiap video yang telah Anda tonton dan kata kunci yang ditelusuri. Data-data tersebut dipakai oleh YouTube untuk menampilkan video yang lebih relevan kepada Anda.

Alhasil ketika perangkat HP atau PC Anda dipakai oleh orang lain dan mereka membuka YouTube, maka mereka akan mengetahui video atau kata kunci yang sering ditonton.

Jadi, mereka secara tidak langsung akan mengetahui video musik, podcast, video lucu atau konten-konten lainnya yang sering Anda tonton. Untuk mengatasi supaya hal tersebut tidak terjadi, Anda harus hapus history di YouTube.

Terdapat 2 cara untuk hapus history di YouTube,  secara manual dan otomatis. Berikut ini langkah-langkahnya!

BACA JUGA:

Cara Menghapus History di YouTube 

Kedua cara menghapus riwayat tontonan di aplikasi berbagi video YouTube ini, bisa dilakukan melalui akun Google. Jadi, Anda bisa menerapkan baik di PC maupun HP.

1. Cara Menghapus Riwayat Tontonan Secara Manual 

Cara yang satu ini sifatnya manual. Maksudnya Anda harus rajin membersihkan file history atau mengulang-ulang cara ini supaya history tetap bersih. Berikut ini cara lengkapnya.

  • Buka browser web favorit Anda dan masuk ke akun Google.
  • Buka halaman My Google Activity di browser web. Di layar utama, klik opsi YouTube History.

Histori Tontonan Video

  •  Di layar riwayat YouTube, gulir ke bawah dan klik Manage History.

cara hapus riwayat tontonan Youtube

  • Selanjutnya, klik pada Delete dan pilih kerangka waktu yang tersedia. Anda bisa Delete Today, Delete Custom Range dan Delete All The Time. Jika Anda ingin menghapus semua histori tontonan YouTube Anda, pilih opsi Delete All The Time.

cara hapus riwayat tontonan YouTube

  • Riwayat tontonan YouTube Anda pun berhasil terhapus.

BACA JUGA:

2. Cara Hapus History di YouTube Secara Otomatis 

Cara yang kedua ini cenderung lebih praktis, karena Anda bisa menghapus secara otomatis riwayat tontonan di YouTube. Cukup lakukan cara ini sekali, dan YouTube akan menghapus histori tontonan Anda.

  • Buka browser web favorit dan masuk ke akun Google Anda.
  • Buka halaman My Google Activity di browser web. Di layar utama, klik opsi YouTube History.
  • Cara menghapus history YouTube di HP adalah klik Auto-delete.

YouTube History

  • Pada pop-up, pilih Auto-delete activity older than dan pilih kerangka waktu. Tersedia kerangka waktu 3 bulan, 18 bulan dan 36 bulan. Maksudnya history akan dihapus secara otomatis per 3 bulan, per 18 bulan dan per 16 bulan sekali.
  • Setelah selesai, klik tombol Next.

Delete History

  • Selamat! fitur hapus history di YouTube secara otomatis telah aktif.

Oke, itu tadi informasi mengenai cara menghapus history di YouTube secara manual dan otomatis. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0