YouTube Gratiskan Fitur Premium, Tapi…

layanan Picture-in-Picture

Telset.id, Jakarta – Pengguna smartphone sekarang dapat menonton video di aplikasi YouTube sambil membuka aplikasi lainnya. Sebab, YouTube mulai menggratiskan layanan Picture-in-Picture.

Seperti diketahui, layanan Picture-in-Picture di YouTube hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang berlangganan layanan YouTube Premium. Dengan kata lain, untuk dapat mengaksesnya, pengguna harus membayar biaya bulanan.

Sayangnya, dikutip Telset.id dari The Verge, Jumat (29/06/2018), layanan tersebut hanya tersedia bagi pengguna YouTube di Amerika Serikat. Entah, kebijakan serupa berlaku di negara lain atau tidak.

Baca Juga: YouTuber Bisa Rekam Video sebelum Live Streaming

Walaupun demikian, layanan gratis Picture-in-Picture tidak berlaku ketika pengguna menikmati video musik, karena mereka tetap harus membayar biaya berlangganan. Ditambah, untuk dapat merasakan layanan gratis itu, smartphone pengguna pun minimal harus berjalan di atas sistem Android Oreo.

Beberapa hari lalu, YouTube juga mengumumkan beberapa fitur baru. Satu fitur baru yang diperkenalkan dikhususkan bagi para pembuat konten yang kerap membuat video guna menghasilkan uang.

Fitur bernama Premier tersebut memungkinkan pembuat konten merekam video untuk keperluan siaran langsung. Pembuat konten juga bisa melakukan pra-rekam atau merekam momen penting sebelum kemudian disiarkan.

Baca juga: Ini Dia 5 Pilihan Gadget untuk Youtuber

Platform itu juga memperluas Sponsorship YouTube dan mengubah status saluran pembuat konten menjadi Kanal Keanggotaan. YouTubers pun dapat menamai kelompok penggemar mereka dan mengenakan biaya sekitar USD 4,99 atau Rp 70 ribuan untuk setiap anggota.

Untuk bisa mengaksesnya, pembuat konten wajib memiliki setidaknya 100 ribu pelanggan. Pembuat konten bisa mendesain emoji khusus untuk tayangan siaran langsung dan memberi nilai tambah bagi para anggota berbayar. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here