APPS

Fitur Baru, Voice Note WhatsApp Bisa Diputar Meski Keluar Chat

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Biasanya, pesan suara di WhatsApp hanya dapat diputar saat pengguna membuka kolom chat saja. Tapi ke depannya, WhatsApp akan kasih cara yang memungkinkan pengguna membuka VN atau voice note di luar kolom chat.

Ketika pengguna mendapatkan pesan suara dari orang lain di kolom chat, maka mereka harus tetap berada di dalam percakapan kalau ingin mendengarkan pesan sampai habis. Jika keluar percakapan, maka otomatis rekaman akan terhenti.

Namun WhatsApp akan membuatnya lebih mudah. Situs WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp sedang menguji fitur yang membuat pengguna tetap dapat mendengar VN meskipun sudah keluar dari chat.

Baca juga: 6 Fitur Terbaru WhatsApp yang Rilis Tahun Ini

Dengan begitu pengguna bisa beralih melakukan percakapan ke pengguna lain, sambil tetap mendengarkan rekaman yang diterima. Dilansir Telset pada Kamis (13/1/2022), uji coba fitur dilakukan kepada pengguna Android dan iOS.

Untuk pengguna Android, WhatsApp membawa uji coba fitur kepada pengguna lewat WhatsApp for Android beta versi 2.22.3.1. Berdasarkan tangkapan layar, terlihat kalau rekaman yang diputar berada di bagian atas layar aplikasi.

(Sumber: WABetaInfo)

Tampilan di iOS juga sama. Uji coba fitur baru untuk membuka voice note, dihadirkan di WhatsApp for iOS beta versi 22.1.72 dan WhatsApp Business for iOS beta versi 22.1.72.

Pemutar pesan suara muncul di bagian atas layar, sehingga pengguna terus mendengarkan pesan suara mereka saat beralih dari satu obrolan ke obrolan lainnya.

Tampilan voice note yang tetap berputar walau keluar chat di iOS (Sumber: WABetaInfo)

Belum diketahui kapan kemampuan baru voice note atau VN WhatsApp ini resmi meluncur. Well, kita nantikan saja kehadirannya di tahun ini.

WhatsApp Luncurkan Fitur Preview Voice Note

Baca juga: Cara Pakai Preview Voice Note di Whatsapp

WhatsApp memang terus memberikan inovasi di layanan voice note, seperti dengan meluncurkan fitur preview voice note pada Desember 2022 lalu. Dengan fitur ini, pengguna HP Android dan iOS diberikan cara yang amat mudah untuk mengecek rekaman suara sebelum mengirim pesan tersebut ke orang lain.

Sebelum dirilis resmi, fitur preview voice note telah diuji coba pada Mei 2021 lalu. Menurut pantauan WABetaInfo, WhatsApp menghadirkan fitur preview lewat menu Review dan Cancel ke beberapa pengguna.

Kedua opsi ini memungkinkan pengguna untuk meninjau pesan suara sebelum akhirnya dikirim. Ketika itu, WhatsApp tidak memberikan konfirmasi mengenai temuan dari WABetaInfo. Namun kini perusahaan resmi menghadirkan fitur tersebut untuk pengguna Android, iOS, dan juga Web. (NM/MF)

Leave a Comment