Update MacOS Big Sur Tersedia, Intip Fitur Barunya

Update macOS Big Sur
macOS Big Sur (Apple)

Telset.id, JakartaApple menggulirkan update macOS Big Sur terbaru untuk para pengguna Mac. Ini adalah iterasi pertama dari sistem operasi yang telah dioptimalkan untuk chip Apple M1 dan sudah dibenamkan di perangkat MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini.

Big Sur bekerja dengan optimal di mesin berbasis Intel. Pembaruan ini juga menyertakan desain baru yang lebih segar, serta beberapa peningkatan pada aplikasi Safari, Pesan, Peta dan juga privasi.

Selain membawa sejumlah peningkatan, kehadiran update macOS Big Sur juga turut disertai dengan fitur-fitur baru yang semakin memanjakan pengguna.

Berikut ini beberapa pembaruan dan fitur baru yang bisa dinikmati dari update macOS Big Sur:

Fitur-fitur Update macOS Big Sur

Update macOS Big Sur
macOS Big Sur untuk perangkat Apple Mac (Apple)

Dari segi desain masih terlihat familiar. Background-nya menggunakan nuansa putih dan ikon berwarna gelap untuk memudahkan navigasi.

macOS Big Sur juga makin mirip iOS setelah Apple memutuskan untuk membawa fitur Control Center. Dengan ini, pengguna akan bisa mendapatkan akses lebih cepat ke bagian kontrol desktop.

Bagian Notification Center telah dirombak menjadi lebih interaktif. Pengguna bisa menambahkan widget sesuai yang mereka butuhkan.

“Dengan menawarkan tampilan yang modern dan clean, peningkatan besar pada aplikasi utama termasuk Safari, Messages, dan Peta, serta fitur privasi baru, kami pikir semua orang akan menyukai terobosan pengalaman yang ditawarkan oleh macOS Big Sur,” ujar Craig Federighi, Apple’s Senior Vice President of Software Engineering.

{Baca Juga: Daftar Seri Mac yang Kebagian Update macOS Big Sur}

Selain tampilan, update macOS Big Sur pun telah mengoptimalkan sejumlah aplikasi yang berjalan di dalamnya. Pada aplikasi Safari misalnya, membuka script JavaScript bakal lebih responsif. Menurut Apple, kinerjanya bakal dua kali lebih cepat.

Apple pun menambahkan fitur terjemah yang sudah terintegrasi langsung dengan aplikasi. Tersedia tujuh bahasa berbeda yang bisa digunakan, sehingga pengguna bisa langsung menerjemahkan satu halaman penuh dengan mudah.

Pada aplikasi untuk berikirim pesan, Apple menambahkan fitur pin conersation. Ini berguna untuk menandai pesan mana yang diinginkan untuk berada di urutan yang paling atas.

Menariknya lagi, pengguna memiliki beberapa perangkat Apple selain Mac, seperti iPhone, iPad atau Apple Watch, aplikasi Messages bakal bisa saling tersinkronisasi antar perangkat.

{Baca Juga: Apple “Bercerai” dengan Intel, Mac Gunakan Apple Silicon}

Aplikasi Maps juga tak ketinggalan mendapat sentuhan. Apple menambahkan fitur Guides, yang akan memberikan panduan ke tempat seperti restoran atau tempat wisata.

Pengguna juga bisa membuat panduan atau arah khusus menuju tempat favorit yang sering dikunjungi. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat navigasi dari awal.

Selain itu, kini pengguna juga dapat menemukan navigasi untuk sepeda atau skuter elektrik. Saat navigasi dibuat, rute tersebut nantinya bisa langsung dikirimkan ke perangkat iPhone. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here