Apple Rilis Update iOS 14.5 Beta 8 untuk Pengembang

Telset.id, Jakarta – Apple telah menggulirkan update iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 (generasi ke-8) versi Beta, khusus buat pengembang dan pengguna terpilih.

Update iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 generasi ke-8 ini dirilis seminggu setelah versi generasi ke-7 diluncurkan, atau lebih dari dua bulan setelah pertama kali digulirkan Apple.

Apple tidak memberikan keterangan pada pembaruan ini, yang mengisyaratkan bahwa itu mungkin hampir siap untuk peluncuran resmi. Pembaruan versi Beta biasanya ditujukan hanya untuk orang-orang terpilih dan para pengembang, bukan untuk pengguna umum.

{Baca juga: Apple Gulirkan Update iOS 14.4, Ini Daftar Fitur Barunya}

Selain itu, jika Anda ingin ikut dalam pengujian ini, sebaiknya Anda tidak memperbarui perangkat utama Anda dengan perangkat lunak versi beta, dan disarankan tetap menggunakan perangkat sekunder untuk tujuan pengujian.

Update iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 beta 8 tersedia untuk diunduh melalui Pusat Pengembang Apple (Apple Developer Center). Semua perangkat yang menjalankan perangkat lunak beta untuk pengembang ini juga harus mendapatkan pembaruan over-the-air.

Pembaruan beta untuk publik yang akan dirilis dalam beberapa hari ke depan, dapat diunduh melalui situs Program Perangkat Lunak Beta Apple (Apple Beta Software Program).

Seperti disebutkan, perangkat lunak beta untuk pengembang ini lebih ditujukan bagi para developer Apple yang ingin memperbarui aplikasi mereka dan mencoba fitur baru dan menguji aplikasi terhadap perubahan API yang dibawa oleh build baru. Jadi pembaruan ini tidak untuk pengguna biasa.

Nomor build untuk iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 beta 8 adalah 18E5199a. Apple sendiri sudah mengumumkan akan menggelar acara di Musim Semi pada 20 April nanti, yang diperkirakan sebagai ajang dirilisnya iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 versi final untuk semua pengguna.

{Baca juga: 14 Fitur Tersembunyi di iOS 14, Nomor 5 “Anti Maling”}

Transparansi Pelacakan Aplikasi

iOS 14.5

Ada sejumlah peningkatan dan perbaikan yang akan dihadirkan Apple saat nanti pembaruan iOS 14.5 akan dirilis ke publik. Salah satu peningkatan yang diberikan Apple adalah menerapkan langkah-langkah Transparansi Pelacakan Aplikasi yang sebenarnya sudah ada di iOS 14.

Fitur ini sempat dikritik habis-habisan oleh Google, Facebook, dan para pengembang besar lainnya yang mengklaim fitur Transparansi Pelacakan Aplikasi di iOS 14 akan merugikan para pengusaha kecil.

{Baca juga: Gak Bisa Lacak Pengguna di iOS 14, Facebook Gugat Apple}

Nantinya, saat mengaktifkan fitur ini, aplikasi perlu meminta izin tambahan dari pengguna sebelum melacak mereka di aplikasi dan situs web lain. Aplikasi ini perlu menampilkan layar pop-up sebelum mengaktifkan bentuk pelacakan yang biasanya diperlukan untuk menampilkan iklan yang dipersonalisasi.

Apple mengatakan fitur baru itu ditujukan untuk memberi pengguna transparansi yang lebih besar tentang bagaimana informasi mereka digunakan.

Selain itu, iOS 14.5 tampaknya menghadirkan dukungan untuk controller Xbox Series S/X dan PlayStation 5. Pembaruan ini juga akan memudahkan pengguna untuk membuka kunci layar iPhone dengan ID Wajah (Face ID) saat pengguna mengenakan topeng atau penutup wajah.

Namun, fitur tersebut membutuhkan Apple Watch yang dapat dengan cepat membuka kunci iPhone yang terhubung bahkan saat pengguna mengenakan topeng.

{Baca juga: Kaspersky Sarankan Pengguna iPhone Update ke iOS 14.4}

Kemampuan ini tentu saja sangat berguna di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang yang mengharuskan orang untuk selalu memakai masker wajah. Jadi, Anda tidak lagi perlu mencopot masker atau memasukkan kode sandi untuk membuka kunci layar iPhone.

Apple dilaporkan juga memperbarui fitur Siri di iOS dengan menghadirkan dua suara baru dan opsi untuk membiarkan pengguna memilih suara yang mereka inginkan. Pengguna iPhone nantinya bisa mendapatkan suara default perempuan atau laki-laki. [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0