APPS

Pengguna WhatsApp akan Bisa Atur Ukuran Backup Data

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Sebentar lagi pengguna WhatsApp bisa mengatur ukuran data yang ingin dicadangkan atau backup data WhatsApp di HP. Aplikasi pesan instan milik Facebook itu diketahui sedang melakukan uji coba fitur tersebut. 

Dilansir Telset dari 9to5Google pada Jumat (15/10/2021), selama ini saat pengguna mencadangkan data isi chat Whatsapp, ukurannya pasti sangat besar. Alasannya karena semua isi chat beserta data audio, foto, dan video juga ikut di-backup. 

Ruang penyimpanan data di akun Google pengguna menjadi cepat penuh, karena ukuran data chat WhatsApp yang besar. Sadar akan masalah tersebut, WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan fitur untuk mengatur ukuran backup data. 

Baca juga:  WhatsApp Uji Coba Fitur Backup Cloud Terenkripsi

Berdasarkan pantauan WABetaInfo, fitur ini hadir WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.21.7. Melalui fitur ini pengguna bisa mengatur ukuran chat yang ingin dicadangkan. Pengguna juga dapat memilih apakah ingin mencadangkan audio, foto, video atau tidak. 

Pengguna bisa atur data yang ingin dicadangkan

WABetaInfo juga berspekulasi mengenai maksud dari pengembangan fitur ini. Katanya Google berencana untuk membatasi cadangan obrolan WhatsApp yang disimpan di Akun Google pengguna. 

Ada kabar jika di masa depan kapasitas backup data di Google, maksimal hanya 2GB saja. Terlepas dari rumor tersebut, semoga saja fitur untuk atur ukuran data ini segera diluncurkan. Pasalnya, fitur ini sangat berguna bagi pengguna WhatsApp.

WhatsApp Uji Coba Fitur Pause di Pesan Suara

Sebelumnya WhatsApp juga dilaporkan sedang mengembangkan kemampuan baru pada fitur pesan suara (Voice Message), berupa opsi Pause dan Play saat melakukan perekaman. Kemampuan ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh para pengguna

Informasi ini diungkap WABetaInfo, situs pelacak fitur WhatsApp, yang melaporkan bahwa kedua opsi baru tersebut akan muncul saat pengguna sedang melakukan perekaman pesan suara.

Opsi Pause dan Play ini tentu saja akan sangat berguna, karena selama ini jika kita merekam pesan suara WhatsApp, hanya dapat dilakukan dalam sekali proses saja, tanpa bisa dijeda (pause).

Baca juga: WhatApp Akan Punya Opsi Pause Pesan Suara 

Fitur baru di aplikasi chatting milik Facebook ini akan dirilis untuk pengguna beta di Android dan iOS. Namun tidak ada informasi tentang kapan fitur tersebut akan mulai diluncurkan untuk WhatsApp versi beta dan stabil. [NM/HBS]

Leave a Comment