Twitter Mulai Bersih-bersih Akun Bot

Akun Bot

Telset.id, Jakarta – Twitter mulai membersihkan akun-akun bot yang dinilai dapat membahayakan para penggunanya. Media sosial besutan Jack Dorsey tersebut melakukannya agar mereka dapat terbebas dari konten-konten berbau kekerasan serta pelecehan yang disebarkan oleh akun bot.

Pihak Twitter mengatakan bahwa setiap minggu jumlah akun bot atau palsu meningkat secara drastis. Total, Twitter telah menemukan hampir 10 juta akun, naik 3,2 juta dibandingkan September tahun lalu.

Dilansir dari CNET, Kamis (28/6/2018), Twitter akan mulai meminta kepada pengguna untuk mengonfirmasi secara lengkap alamat e-mail atau nomor telepon saat mendaftarkan akun. Twitter juga berencana mengurangi visibilitas akun spam dengan menghapus mereka dari para pengikutnya.

Baca Juga: Kim Kardashian Minta CEO Twitter Pasang Tombol Edit

“Kami pikir cara tersebut merupakan terobosan penting untuk meminimalisasi para pelaku kejahatan siber dalam memanfaatkan akun untuk menggelembungkan jumlah pengikut. Lewat upaya ini, kami ingin pengguna lebih terlindungi,” terang pihak Twitter.

Pertengahan Mei 2018 lalu, Twitter memang dikabarkan merancang ulang strategi guna memerangi akun bot atau palsu. Strategi baru Twitter pun terbukti efisien, karena telah terjadi penurunan bot sebesar empat persen dari laporan penyalahgunaan pada penelusuran dan delapan persen dari komentar.

Selain membersihkan sistemnya demi kenyamanan pengguna, Twitter juga fokus untuk meningkatkan keamanan. Hal itu diterapkan setelah terjadi serangkaian penyalahgunaan data oleh berbagai pihak.

Baca Juga: Twitter Rajin kasih Notifikasi Siaran Langsung Piala Dunia

Beberapa waktu lalu, Twitter mengumumkan telah menemukan bug yang menyimpan kata sandi para pengguna di log internal. Meski tak ditemukan ada potensi penyalahgunaan, Twitter menyarankan kepada para pengguna untuk segera mengganti kata sandi. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here