APPS

WhatsApp Uji Coba Fitur Baru, Transfer Uang Dapat Cashback

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – WhatsApp berusaha keras untuk meningkatkan jumlah pengguna yang melakukan pembayaran via aplikasinya. Platform chatting besutan Facebook ini pun menghadirkan program cashback bagi siapapun yang melakukan transfer uang atau bayar lewat aplikasi WhatsApp.

Menurut laporan terbaru dari situs WABetaInfo, perusahaan saat ini sedang mengembangkan versi aplikasi terbaru yang memungkinkan pengguna mendapatkan cashback ketika mengirim uang atau melakukan transaksi dengan WhatsApp.

Fitur tersebut kemungkinan terbatas untuk pengguna di India saja. Jumlah cashback-nya pun tak besar, sekitar 10 rupee atau kurang dari Rp 2 ribu saja.

{Baca juga: Cara Download Stiker Gratis di WhatsApp}

Pengguna WhatsApp akan melihat nilai cashback di akun mereka 48 jam setelah melakukan transaksi atau transfer uang.

Karena masih dalam tahap uji coba, hanya segelintir pengguna saja yang bisa merasakan fitur ini. Kemungkinan, WhatsApp akan segera merilis fitur baru pada sistem pembayarannya dalam waktu dekat.

Baca Juga: WhatsApp Uji Coba Pengaturan Sembunyikan Foto Profil di Android

Transfer Uang di WhatsApp Diperkenalkan Tahun Lalu

Fitur transfer uang di WhatsApp sudah lebih dulu diperkenalkan di India pada akhir tahun lalu. Aplikasi chatting populer ini bekerja sama dengan banyak layanan perbankan di negeri Bollywood, seperti ICICI Bank, HDFC Bank, Axis Bank, State Bank of India, sampai Jio Payments Bank.

Sebelum memakai fitur ini, para pengguna wajib memiliki rekening bank dan kartu debit dari salah satu layanan perbankan yang bekerja sama dengan WhatsApp. Kemudian, pengguna pun diwajibkan memasukkan PIN untuk setiap transaksi sebagai otentikasi utama.

Beberapa kemudian, tepatnya Mei 2021, WhatsApp merilis sistem pembayaran yang sama di Brasil. Beda halnya dengan India yang menggunakan platform UPI (United Payments Interface), di Brasil WhatsApp menggunakan layanan Facebook Pay.

{Baca juga: Tutorial Whatsapp Web Terlengkap}

Untuk transfer uang di WhatsApp, pengguna wajib memasukkan PIN Facebook Pay atau sidik jari yang terdaftar. Juga, pengguna pun harus memiliki rekening atau kartu debit dari bank yang bermitra dengan WhatsApp.

Dilansir Telset dari Android Headlines, Senin (27/9/2021), WhatsApp berjanji akan membawa fitur ini untuk semua orang ke depannya. Semoga saja ya! (MF)

Leave a Comment