Telset.id, Jakarta – Grab Indonesia baru-baru ini mengumumkan berbagai perbaikan dan inovasi layanan yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna, khususnya untuk layanan transportasi roda empat.
Setelah berdialog langsung dengan konsumen perempuan dari berbagai latar belakang dan membuka saluran resmi untuk menerima masukan, Grab meluncurkan fitur Akun Keluarga dan layanan GrabCar Plus yang baru.
Fitur Akun Keluarga di aplikasi Grab ini hadir sebagai respons terhadap masukan dari para ibu yang menginginkan notifikasi otomatis ketika anggota keluarga menggunakan layanan transportasi online ini.
BACA JUGA:
- Demi Kenyamanan, Grab Hadirkan Pusat Keamanan dan Keselamatan
- Grab Terima Sertifikat Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPPU RI
Fitur ini memungkinkan admin untuk menambahkan anggota keluarga ke dalam Akun Keluarga, yang akan mendapatkan notifikasi otomatis dan kemampuan untuk melihat posisi mobil secara real-time selama perjalanan.
Selain itu, anggota Akun Keluarga dapat menggunakan metode pembayaran yang dibebankan pada admin, sehingga pembayaran menjadi lebih terpusat dan mudah dikelola.
Di sisi lain, untuk menjawab kebutuhan pengguna yang menginginkan perjalanan dengan armada lebih besar, baru, dan nyaman, Grab juga meluncurkan layanan GrabCar Plus.
Layanan ini menawarkan mobil non-LCGC dengan tahun produksi yang lebih baru dan seleksi kualitas kendaraan yang lebih ketat, termasuk pengecekan kendaraan secara berkala. Selain itu, Grab juga menambahkan identitas pelengkap bagi Mitra Pengemudi, seperti seragam, kartu identitas dalam mobil, dan stiker pada armada.
Grab juga melakukan peningkatan pada berbagai fitur keamanan dalam aplikasi, seperti Trip Monitoring dan Audio Protect. Trip Monitoring memungkinkan pemantauan perjalanan secara real-time untuk mendeteksi tindakan yang tidak diinginkan dengan adanya intervensi manual dari tim Grab Support.
Sementara itu, fitur Audio Protect, yang unik di industri ride hailing, memungkinkan perekaman suara dengan persetujuan penumpang sejak Mitra Pengemudi menerima pemesanan.
Selain pembaruan fitur, Grab juga memperketat proses seleksi Mitra Pengemudi dengan verifikasi data yang memastikan identitas Mitra sesuai dengan data di sistem pemerintah dan penerapan tes psikologi tatap muka. Mitra Pengemudi juga diwajibkan melakukan verifikasi wajah secara berkala untuk meningkatkan keamanan.
“Sebagai bagian dari masyarakat yang bergantung pada layanan taksi online, kami mengerti bahwa keamanan dan kenyamanan konsumen adalah prioritas utama yang tidak dapat dikompromikan. Kami telah mendengar langsung dan mempelajari apa saja prioritas utama konsumen,” ujar Tyas Widyastuti, Director of Mobility & Logistics, Grab Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Telset.
BACA JUGA:
- Kemenhub Resmi Umumkan Kenaikan Tarif Ojol per 11 September 2022
- Grab Indonesia Donasikan Rp 3,5 Miliar untuk Warga Palestina
Tyas juga menyatakan bahwa layanan GrabCar Plus, saat ini tersedia di berbagai wilayah di DKI Jakarta dan wilayah tertentu di Bali. Meskipun demikian, semua fitur keamanan tetap dapat dimanfaatkan oleh pengguna apapun jenis layanan transportasi roda empat yang dipilih.