Diserang AS, TikTok jadi Aplikasi Paling Banyak didownload

aplikasi paling banyak didownload

Telset.id, JakartaTikTok kembali menempati urutan pertama pada daftar aplikasi smartphone yang paling banyak didownload pada Q3 2020. Aplikasi besutan ByteDance ini meraihnya di Google Play Store dan App Store.

Berdasarkan data dari Sensor Tower, selain TikTok, Facebook, Zoom, WhatsApp, dan Instagram juga tercantum di daftar aplikasi yang paling banyak didownload per Q3 2020.

TikTok merupakan aplikasi media sosial terpopuler saat ini. Apalagi di tengah pandemi virus corona, orang-orang semakin getol mengakses TikTok untuk mengisi waktu luang selama melakukan karantina mandiri di rumah.

Belakangan, TikTok memang menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Seperti di Amerika Serikat di mana aplikasi TikTok diblokir, hal yang sama juga terjadi di India.

{Baca Juga: Kejelasan Akuisisi TikTok Ditentukan Usai Pilpres AS}

Anggota parlemen AS telah meningkatkan kekhawatiran keamanan nasional atas penanganan data pengguna TikTok. Mereka waswas pemerintah China bakal memanfaatkan data itu.

Dalam hal jumlah unduhan, Android selalu mencatatkan angka yang tinggi. Namun dari segi pendapatan dari aplikasi, iOS masih memimpin dengan selisih yang cukup besar.

Pada Q3 2020, pendapatan iOS dari App Store mencapai USD 19 miliar atau setara Rp 279,6 triliun. Sementara Google Play Store “hanya” berhasil meraih USD 10,3 miliar atau Rp 151,6 triliun.

{Baca Juga: AS dan China Masih Bertikai Pasca Akuisisi TikTok}

Masih dari data Sensor Tower, pemasangan aplikasi secara global di Q3 2020 mencapai 36,5 miliar. Jumlah tahun ini meningkat sebanyak 23,3% dari tahun sebelumnya.

Angka unduhan ini merupakan gabungan dari Google Play Store dan App Store. Selain itu total konsumsi dari kedua platform tersebut meningkat 32% dari tahun ke tahun, sekitar USD 19,3 miliar.

Dari segmen game, Tencent memegang pucuk pimpinan melalui Honor of the Kings. Disusul kemudian dengan PUBG Mobile dan Pokemon Go.

{Baca Juga: TikTok Mau Dicaplok Oracle, ByteDance Minta Restu China}

Menariknya dalam hal pendapatan, Honor of the Kings sama sekali tidak masuk dalam daftar 10 besar Google Play Store. Malah terdapat nama Coin Master, Pokemon Go dan Lineage M.

Pendapatan terbesar Honor of the Kings justru berasal dari Apple App Store, di mana mereka berhasil menempati urutan pertama di platform aplikasi milik Apple tersebut. (HR/MF)

SOURCEGizChina
Previous articleCara Mudah Download Among Us di PC, Gratis!
Next articleYouTube Kembalikan Mode Picture-in-Picture di iOS 14

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here