Tidak Aman, Sistem Keamanan Ini Hilang dari Android

Voice unlock

Telset.id, Jakarta – Sistem keamanan Google berbasis suara di smartphone Android, Voice Unlock tampaknya akan segera dihilangkan oleh Google. Sistem keamanan yang biasanya terdapat di fitur Smart Lock tersebut, dinilai tidak cukup mumpuni untuk mengamankan smartphone Android.

Hal ini diketahui setelah Google menghapus fitur Unlock with Voice Match pada seri Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL.

“Fitur Voice Match untuk membuka kunci smartphone yang telah Anda gunakan, telah diganti dengan cara yang lebih aman. Anda dapat mengubahnya di pengaturan Google Assistant,” jelas Google.

Sekadar informasi, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan perintah kepada Google Assistant, tanpa perlu membuka kunci smartphone.

Ketika perintah diberikan, sistem secara otomatis akan melewati keamanan smartphone untuk menjalankan perintah dari pengguna. Google menilai, fitur ini kurang aman, karena dapat disalahgunakan oleh seseorang dengan tipikal suara yang sama atau menggunakan rekaman suara.

Google sendiri telah mengganti sistem keamanan ini dengan fitur Lock Screen Personal Results. Fitur tersebut nantinya hanya akan menampilkan email, kalender dan kontak melalui antarmuka Google Assistant saja.

Tampilan Lock Screen Personal Results

Selain itu, pengguna juga wajib melalui otentikasi tambahan untuk membuka kunci smartphone, seperti menggunakan sensor sidik jari, password, dan lainnya.

Dikutip Telset.id dari 9to5google, Senin (29/10/2018), fitur ini mungkin akan dihadirkan pada aplikasi Google versi 8.39. Meski demikian, fitur Lock Screen Personal Results hanya dapat diaktifkan di smartphone yang memiliki fitur Voice Unlock sebelumnya. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here