Cina Gagal Luncurkan Pesawat Antariksa ke Orbit

Cina Gagal Luncurkan Pesawat Antariksa ke Orbit

Telset.id, Jakarta – Perusahaan antariksa Cina yang berbasis di Beijing, LandSpace, gagal mencapai orbit pada peluncuran pertamanya di hari Sabtu (27/10/2018) kemarin. Mereka berupaya meluncurkan roket Zhuque-1 dar­i Pusat Peluncuran Satelit Juiquan di Gurun Gobi. Walaupun roket yang memerlukan tiga tahap peluncuran tersebut berhasil lepas landas, ia tidak mampu mencapai orbit.

Dilansir Telset.id dari The Verge, pada situs mikroblog Cina Weibo, LandSpace mengatakan bahwa walaupun peluncurannya sukses, terjadi kesalahan pada tahap ketiga yang menyebabkan roket gagal mencapai orbit. Namun, perusahaan tersebut menilai peluncuran kemarin sebagai kesuksesan karena dua tahap pertama berhasil dijalankan sesuai ekspektasi. Selain itu, LandSpace juga membanggakan dirinya sebagai firma swasta pertama yang bergerak di bidang luar angkasa yang mendapatkan lisensi meluncurkan roket.

Perusahaan tersebut juga menekankan bahwa roket mereka akan terus berkembang dan melangkah maju.

Seperti dikutip dari QZ, roket tersebut membawa satelit yang akan menyiarkan serial Cheers Science untuk stasion televisi nasional CCTV.

Peluncuran ini bukanlah yang pertama bagi perusahaan angkasa komersial di Cina. Namun, tampaknya ini adalah percobaan pertama untuk mencapai orbit. Sebelumnya, perusahaan Beijing OneSpace berhasil melakukan dua peluncuran suborbital, peluncuran yang tidak mencapai satu putaran orbit penuh, di bulan Mei dan September.

Peluncuran tersebut memang tidak dimaksudkan untuk mengorbit Bumi, tapi pada saat itu, OneSpace mengatakan bahwa mereka berencana melakukan 10 peluncuran di tahun 2019 mendatang.

Hingga baru-baru ini, ketertarikan Cina terhadap luar angkasa hanya dipenuhi oleh Administrasi Angkasa Nasional Cina (CNSA) yang telah mengirim satelit dan taikonot, sebutan untuk astronot asal Cina, ke luar angkasa. Di tahun 2014, pemerintah Cina mulai memperbolehkan perusahaan swasta untuk bergabung dalam industri antariksa.

LandSpace sendiri didirikan tahun 2015 dan dikenal sebagai salah satu pemain terdepan dalam industri antariksa swasta di Cina. (AU/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here