Keren! Mesin Ini Bisa Ubah Udara Jadi Air Segar

Telset.id, Jakarta – Sebuah mesin disebut-sebut mampu merubah udara menjadi air segar dengan mudah. Tim penelitian dari California telah merancang mesin ramah lingkungan yang dinamai  Skywater. Seperti namanya, mesin tersebut mampu merubah udara menjadi air.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Senin (29/10) mesin ini mampu merubah udara segar menjadi air hingga 300 galon. Tim yang bernama The Sky source akhirnya memenangkan hadiah U$ 1,5 juta atau sekitar Rp 22,8 miliar.

Mesin ini berbentuk persegi panjang dengan fisik luar dilapisi logam. Di dalam mesin tersebut terdapat generator atmosferik yang mampu mengembungkan uap udara dari atmosfer dan mengubahnya menjadi air yang jernih.

Kabarnya  mesin ini dijalankan melalui energi matahari atau minyak nabati. Anda bisa memilih bahan bakar tersebut tergantung dimana Anda menggunakannya. Mesin ini juga cocok untuk pertanian, rumah tangga dan kebutuhan darurat.

Skywater mampu menjawab tantangan lingkungan terkait krisis air bersih. Berdasarkan video yang mereka unggah, dapat dilihat bahwa air yang dihasilkan oleh mesin ini cukup bersih dan mampu digunakan untuk menyiram tanaman.

David Hertz selaku anggota tim peneliti mengatakan bahwa dia bersemangat tentang temuannya ini. Dia menyebutkan bahwa jumlah udara sangat besar sehingga kita tidak perlu khawatir ketika musim kemarau tiba. “Ada 37,5 juta miliar galon air di atmosfer dan itu lebih banyak dari semua sungai di planet ini,” ucap David.

Pada minggu lalu, dua peneliti Inggris juga membuat teknologi yang ramah lingkungan.  Mereka menciptakan desain baru turbin angin mini yang tampak seperti bola voli.

Turbin angin mini ini diklaim dapat menangkap angin yang bertiup dari segala arah dan dapat menghasilkan energi ramah lingkungan. Turbin bernama The O-Wind Turbine yang berhasil memenangkan penghargaan ini dapat menghasilkan energi yang ramah lingkungan.

Turbin ini cocok untuk diterapkan oleh orang yang tinggal di kota. Peneliti dari  Lancaster University mengatakan, turbin yang mereka buat berbentuk bola plastik kecil dengan ventilasi yang dapat menangkap angin dari segala arah.

Terpaan angin akan menyebabkan turbin berputar pada porosnya seperti bola yang berputar seimbang di ujung jari. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here