Tertinggal dari Chrome, Mozilla Bikin Firefox Lebih Cepat

Firefox 70.0

Telset.id, Jakarta – Mozilla baru saja mengumumkan pembaruan untuk browser Firefox. Pada pembaruan itu, Mozilla menyertakan teknologi bernama komponen web yang selama ini akrab di telinga para programmer.

Lewat teknologi tersebut, Mozilla menjamin browser Firefox bakal lebih cepat, ketika digunakan penggunanya untuk mengakses internet.

Sebenarnya, fitur ini sudah lama terdapat pada browser pesaing Firefox, sebut saja seperti Chrome. Browser milik Google itu, sudah melakukan pembaruan serupa sejak lebih dari lima tahun lalu.

Setelah Chrome, Apple mengembangkan teknologi tersebut di Safari pada tahun 2016. Praktis, tinggal tersisa Microsoft dan Firefox yang masih dalam pengembangan teknologi komponen web.

“Pengembangan web memang sangat sulit, tetapi sekarang semuanya telah jauh lebih mudah,” kata Chief Product Officer Mozilla, Mark Mayo, seperti dikutip dari CNET, Kamis (31/05/2018).

“Karenanya, kami harus menampilkan halaman web yang lebih baik dan cepat demi kenyamanan pengguna dalam berselancar,” jelasnya.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Browser Mozilla Firefox Bisa ‘Ngebut’

Saat ini, teknologi komponen web di Firefox masih dalam versi uji coba. Dijadwalkan, pembaruan tersebut bakal 100 persen sempurna dan siap diluncurkan ke publik pada September 2018 mendatang.

Sebelum mengumumkan teknologi komponen web, Firefox juga sudah menghadirkan fitur baru lain bernama Facebook Container. Fitur itu telah diperkenalkan Mozilla pada akhir Maret lalu.

Facebook Container dibuat Mozilla untuk mengantisipasi kemungkinan pencurian data pengguna oleh Facebook, dengan cara memblokir raksasa media sosial ini dalam mengakses privasi pengguna.

Baca Juga: Tak Mau Kecolongan, Mozilla Blokir Facebook Akses Data

Jadi, ketika pengguna memanfaatkan Facebook Container, Facebook tidak akan bisa menggunakan aktivitas web penggunanya untuk mengirimkan iklan bertarget pada mereka. Ketika pengguna memasang fitur baru itu, cookie Facebook juga akan terhapus. Fitur juga lantas meminta kepada pengguna untuk keluar dari Facebook.

“Facebook Container adalah fitur untuk memisahkan cookie pengguna dan data situs ke tempat yang berbeda. Fitur tersebut akan melindungi pengguna dari pencurian data,” kata Product Lead for Firefox, Jeff Griffiths.

Memanfaatkan fitur Facebook Container, pengguna tidak dapat membuka aplikasi pihak ketiga menggunakan akun Facebook mereka. Selain itu, pengguna tidak bisa pula memberikan komentar di situs yang menggunakan layanan Facebook. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here