Telegram Siapkan Layanan Premium, Sedang Diuji Coba di iOS

Telset.id, Jakarta – Telegram segera hadirkan layanan premium, mungkin saja dalam waktu dekat. Terbukti, aplikasi besutan Pavel Durov itu sedang mencoba layanan berbayar itu dalam aplikasi Telegram beta versi 8.7.2 bagi pengguna iOS.

Terus apa untungnya berlangganan Telegram Premium? Dikutip dari Gadget 360 pada Rabu (4/5/2022), dibandingkan versi gratisan, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik.

Telegram Premium memiliki serangkaian emoji dan stiker reaksi terbaru yang sama sekali tidak dapat dinikmati oleh pengguna layanan yang gratis. Telegram bahkan tak mengizinkan pengguna gratis untuk melihat stiker ini dalam percakapan.

Aplikasi pesaing WhatsApp itu hanya menampilkan spanduk yang memberi tahu pengguna untuk berlangganan premium apabila ingin melihat atau mengirim stiker tersebut. Ketika spanduk ditekan, pengguna akan ditanya apakah ingin mendaftar paket berlangganan Telegram Premium atau tidak. 

Baca juga: 5 Fitur Keamanan Telegram

Telegram belum memberikan informasi mengenai harga paket berlangganan. Begitu pula informasi lebih lanjut mengenai kapan premium akan diluncurkan. Tampaknya melalui layanan berbayar ini, Telegram sedang mencari cara baru untuk memonetisasi platformnya. 

Telegram Premium
Tampilan fitur-fitur untuk pengguna premium (sumber foto: Gadget 360 NDTV)

Langkah yang cukup berani mengingat kompetitornya seperti WhatsApp dan Signal masih memberikan layanan gratis ke pengguna. 

Strategi ini juga dinilai berisiko karena dikhawatirkan akan muncul penolakan dari pengguna yang mengakibatkan jumlah pengguna berkurang karena beralih ke platform lain. Pasalnya selama ini mereka sudah terbiasa mengakses aplikasi secara cuma-cuma. 

Baca juga: Cara Download Video YouTube Pakai Telegram

So, kita nantikan saja kakan fitur Telegram Premium dirilis dan bagaimana respon pengguna atas fitur terbaru itu. 

Sedangkan sambil menunggu Telegram Premium yang masih tahap uji coba, kita bisa mengakses berbagai fitur-fitur yang sudah ada di aplikasi.   Apalagi aplikasi berlogo pesawat kertas ini meluncurkan sejumlah fitur di pembaruan musim semi kedua tahun 2022.

Fitur yang dimaksud adalah fitur nada notifikasi khusus, fitur mengatur durasi untuk menonaktifkan obrolan atau menghapus pesan secara otomatis, dan fitur untuk saling mengirim dan menerima animasi serta emoji animasi. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0