APPS

Ngeri! Muncul Suara Misterius di Aplikasi Google Maps

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Pengguna Google Maps dikejutkan dengan kemunculan suara misterius dari dalam aplikasi. Kemunculan suara itu pun langsung menimbulkan kehebohan di Twitter dan Reddit.

Dilansir Telset dari Android Police pada Sabtu (18/9/2021), aplikasi Google Maps biasanya didukung oleh suara perempuan yang mengarahkan pengguna ke rute tujuan, menggunakan bahasa Inggris.

Akan tetapi, para pengguna Maps melaporkan bahwa suara pemandu rute berubah menjadi suara laki-laki dengan aksen India. Kasus ini pun heboh di media sosial, dan banyak diperbincangkan.

{Baca juga: Cara Mengetahui Lokasi Penyekatan PPKM Darurat via Google Maps}

Misalnya saja akun @ratedameerah, yang dibuat kaget karena suara Maps berubah menjadi suara pria dengan logat India.

“Astaga, tidak mungkin suara peta Google saya berubah menjadi seorang pria India dengan aksen … dengan sendirinya … tanpa persetujuan saya … bruh,” kata @ratedameerah.

Selain @ratedameerah, keluhan yang sama juga datang dari akun @yegventures, yang mengaku jika suara pemandu navigasinya berubah.

Akun akun ini pun lantas melaporkan kejadian tersebut ke Google Maps, tepatnya melalui Twitter resminya di @GoogleMaps.

“Apakah saya satu-satunya yang memiliki suara orang India yang sesekali muncul? @GoogleMaps akhir-akhir ini?#yegtraffic#canada,” cuit @yegventures.

Terakhir laporan yang sama juga muncul dari akun @faisalkutty. Warganet yang satu ini mengaku bingung mengapa suara di Maps berubah, menjadi suara pria berakses India.

“Apakah @googlemaps telah melakukan outsourcing suara navigasi ke India?,” tanyanya.

Demi menjawab kebingungan pengguna, Maps pun buka suara terkait gangguan tersebut. Google menyatakan bahwa telah terjadi bug dan tim sedang melakukan perbaikan.

“Hai, kami mohon maaf atas pengalaman Anda. Tim sedang mengerjakan perbaikan dan akan segera diluncurkan. Terima kasih atas kesabaran Anda,” ungkap Maps.

Sayangnya hingga kini tidak ada jadwal pasti kapan perbaikan akan selesai. Alhasil, jika Anda mengalami hal yang sama maka ketahuilah bahwa ini akibat adanya gangguan di Maps, bukan karena hantu.

Fitur Google Maps

Maps

Sebelumnya Google mengumumkan rangkaian fitur baru dan peningkatan layanan pada aplikasi Maps di acara Google I/O 2021 pada Mei lalu. Total ada 4 fitur terbaru dan peningkatan layanan yang dihadirkan di Maps.

{Baca juga: 4 Fitur Baru Hadir di Google Maps, Ada Live View AR!}

Keempat fitur dan peningkatan yang dimaksud adalah peta jalan yang lebih detail, fitur Live View, navigasi yang lebih akurat serta Google Maps yang lebih personal. (NM/IF)

Leave a Comment
Naufal Mamduh
Tags: Google Maps