APPS

Spotify Bakal Rilis Fitur Obrolan Audio, Gantikan Aplikasi Greenroom

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Spotify dikabarkan akan memasukkan fitur obrolan audio yang ada di aplikasi Greenroom ke aplikasi utama, dan berganti nama menjadi Spotify Live.

Selain musik dan podcast, Spotify akan segera menawarkan obrolan audio dalam aplikasi streaming utamanya. Berdasarkan info dari Bloomberg, perusahaan berencana untuk mengintegrasikan Greenroom ke dalam aplikasi utamanya.

Dalam prosesnya, Spotify kabarnya juga akan mengganti nama platform tersebut menjadi Spotify Live. Dilansir Telset dari Engadget pada Jumat (25/3/2022), semua perubahan ini bisa terjadi sebelum paruh kedua tahun 2022.

Baca juga: Stadion FC Barcelona Ganti Nama Usai Spotify jadi Sponsor Utama

Menurut penjelasan dari pengembang iOS, Steve Moser saat ini fitur Spotify Live masih dalam versi beta di iOS.

“Spotify bergeser di sekitar produk obrolan audio langsung mereka. Bagaimanapun ini adalah logo baru untuk Spotify Live: $SPOT,” cuit Steve Moser di Twitter.

Sedangkan menurut reporter Bloomberg Ashley Carman, aplikasi Greenroom tidak akan dihapus.

Hanya saja fungsinya akan diubah menjadi semacam back end bagi pembuat konten untuk merekam dan mengunggah konten mereka ke Spotify. Fungsi yang mirip dengan aplikasi Anchor.

Mengintegrasikan layanan streaming lagu, podcast dan obrolan audio ke dalam satu aplikasi membuat layanan Spotify semakin beragam. Selain itu rencana ini juga sesuai dengan pernyataan CEO Spotify Daniel Ek, beberapa waktu lalu.

Dalam sebuah wawancara, Daniel sempat menyatakan ingin menghadirkan fitur obrolan audio ke Spotify karena fitur tersebut bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antar pengguna.

“Sama seperti Stories dengan video di mana setiap platform utama memilikinya sebagai salah satu cara bagi audiensnya untuk berkomunikasi satu sama lain, saya melihat audio langsung dengan cara yang sama. Saya berharap semua platform memilikinya,” tutur Daniel.

Baca juga: Cara Mengatur Kualitas Audio di Spotify, Suara Lebih Jernih!

Sebelumnya Spotify Greenroom adalah aplikasi obrolan audio yang diluncurkan pada Juni 2021. Di Greenroom pengguna bisa membicarakan apa saja serta bisa mengubah percakapan disana menjadi konten podcast.

Aplikasi ini hadir di tengah popularitas Clubhouse yang dipakai banyak pengguna iOS untuk berdiskusi secara virtual.

Adapun demi menghadirkan aplikasi ini, Spotify sampai mengakuisisi aplikasi Locker Room. Sebuah aplikasi obrolan audio yang berisi obrolan-obrolan seputar olahraga.

Sayangnya belum genap setahun, Greenroom akan mengalami perubahan fungsi karena Spotify akan membawa fitur obrolan audio ke aplikasi utama. [NM/HBS]

 

Leave a Comment