telset

Spotify Patenkan Alat Pencegah Plagiarisme Lagu

Telset.id, Jakarta  – Untuk membantu musisi menghindari masalah lagu jiplakan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab, Spotify telah menciptakan alat khusus yang mampu mencegah plagiarisme lagu.

Mengingat ada begitu banyak not dalam musik, terjadi kemungkinan beberapa lagu terdengar mirip satu sama lain. Dalam beberapa kasus, hal tersebut telah mengakibatkan sengketa tuduhan plagiarisme hak cipta karena dianggap lagu jiplakan

{Baca juga: Cara Paling Gampang Membuat Spotify Wrapped 2020}

Menurut MBW, dikutip Telset dari Ubergizmo, Kamis (3/12/2020), Spotify telah menemukan paten alat anti-plagiarisme yang dapat digunakan musisi untuk memeriksa ulang apakah karyanya mirip dengan karya musisi lain.

Menggunakan alat itu, setiap musisi dapat mengirimkan lembar utama ke dalam sistem. Kiriman kemudian akan diperiksa silang dengan lembar utama lain untuk memeriksa kesamaan. Alat bakal bekerja secara otomatis mendeteksi lagu jiplakan di Spotify.

Di satu sisi, alat tersebut mirip dengan alat lain yang digunakan perguruan tinggi untuk memeriksa apakah karya yang dikirim mahasiswa dijiplak atau tidak. Kendati demikian, alat Spotify tetap terobosan di dunia musik.

Alat yang dihadirkan Spotify akan sangat membantu musisi yang tidak memiliki cukup ana untuk “berperang” melawan hukum, terutama jika sedang berhadapan dengan penerbit atau label rekaman berskala besar.

{Baca juga: Artis Spotify Bisa Pilih Rekomendasi Lagu Terbaik untuk Pengguna}

Namun, belum tahu kapan Spotify berencana meluncurkan alat tersebut. Kalau alat itu telah resmi dirilis, tentu akan mendorong lebih banyak musisi untuk menggunakan Spotify karena merasa terlindungi secara karya.

Spotify Wrapped 2020

Spotify Wrapped 2020
Cara membuat Spotify Wrapped 2020

Buat Anda penggemar Spotify ada kabar bagus, karena aplikasi musik streaming ini kembali membuat Spotify Wrapped 2020. Ini merupakan program tahunan yang dibuat untuk penggemarnya.

Pada Wrapped 2020 kali ini, Spotify menampilkannya agak sedikit berbeda, yaitu dengan tampilan yang mirip seperti Instagram Stories. Hal ini dilakukan karena mungkin Spotify ingin memperluas fitur Stories yang sedang mereka uji coba.

Slide Spotify Wrapped juga bisa Anda bagikan ke media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dll. Anda bisa mengakses fitur ini via browser di laptop atau PC, smartphone Android dan iOS.

Lantas bagaimana cara membuat Spotify Wrapped 2020? Sangat mudah, Anda bisa tahu caranya dengan membaca tutorial cara membuat Spotify Wrapped 2020, yang sudah tim Telset tulis sebelumnya. [SN/HBS]

 

 

 

SourceUbergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0